Sakit Kepala Muncul Saat Diare, Apa Penyebabnya?

Sakit Kepala Muncul Saat Diare, Apa Penyebabnya?

Selain frekuensi buang air besar yang cukup sering, perut terasa mulas, nafsu makan menurun, dan tubuh yang lemas, tak jarang seseorang juga akan mengalami demam dan sakit kepala saat diare. Apakah Anda pernah mengalaminya?

                                                      

Penyebab sakit kepala saat diare

Sakit kepala saat diare mungkin saja terjadi karena dehidrasi. Pasalnya, saat diare kita cenderung akan kehilangan banyak cairan akibat frekuensi buang air besar yang cukup sering dan tekstur feses yang cair. Dilansir dari Klikdokter.com, kondisi dehidrasi membuat otak menyusut sebagai respon saat tubuh kekurangan cairan dan akan ‘menarik’ diri dari tulang tengkoraknya untuk sementara. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan sakit kepala.

Sakit kepala yang dialami saat diare pun umumnya merupakan sakit kepala ringan dengan sensasi tumpul atau migrain yang muncul di bagian depan, belakang, samping, bahkan di seluruh kepala.

Cara mengatasi sakit kepala saat diare

Berhubung sakit kepala yang muncul saat diare disebabkan oleh kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi, maka cara mengatasi keluhannya yang paling efektif adalah dengan mencukupi kebutuhan air mineral dengan baik. Selain itu, sebaiknya hindari berbagai minuman yang mengandung susu atau pemanis buatan lainnya, karena konon bisa memperparah diare yang dialami. Selain itu, hindari konsumsi sayur dan buah-buahan kecuali pisang untuk sementara waktu, ya.

Tak cukup hanya dengan mencukupi kebutuhan air mineral dan membatasi beberapa makanan tertentu, cara lain yang bisa Anda lakukan untuk meredakan sakit kepala saat diare adalah dengan istirahat cukup dan juga mengonsumsi obat sakit kepala dengan kandungan Paracetamol yang berfungsi meredakan rasa nyeri di bagian kepala.

Baca Juga:  Sering Mengalami Sakit Kepala Bagian Belakang, Berbahayakah?