Sering Mengalami Sakit Kepala Bagian Belakang, Berbahayakah?

Sering Mengalami Sakit Kepala Bagian Belakang, Berbahayakah?

Sering mengalami keluhan sakit kepala bagian belakang seringkali dikaitkan dengan kolesterol dan penyakit darah tinggi yang dimiliki oleh seseorang. Kondisi ini bisa semakin parah akibat gaya hidup yang kurang sehat setiap harinya. Meski sakit kepala bagian belakang merupakan hal yang wajar terjadi, namun sebaiknya jangan pernah Anda sepelekan, ya. Lantas, bagaimana cara mengatasinya, ya?
   

Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara mengatasi sakit kepala bagian belakang, simak dulu beberapa kebiasaan yang memicunya berikut ini.

1. Kebiasaan merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol

Alih-alih membuat pikiran menjadi tenang, tahukah Anda bahwa justru dua kebiasaan inilah yang akan memicu timbulnya sakit kepala cluster atau sakit kepala yang terjadi di bagian belakang mata dan menjalar hingga ke pundak serta leher. Umumnya, keluhan rasa nyeri di kepala bagian belakang akan terjadi selama 15 menit hingga tiga jam. Jika kebiasaan ini tidak segera diakhiri, maka keluhannya akan terus terjadi bahkan bisa semakin parah.

 

2. Memaksakan diri untuk olahraga

Kepala bagian belakang terasa berat juga bisa terjadi akibat memaksakan diri untuk melakukan olahraga yang terlalu berat, apalagi jika sebelumnya tidak pernah berolahraga. Rasa nyerinya biasanya terjadi tepat di belakang mata dan menjalar ke bagian belakang dan berlangsung selama 20 menit. Untuk menghindari kemungkinan ini, pastikan untuk selalu melakukan pemanasan sebelum berolahraga dan lakukan olahraga sesuai dengan kemampuan tubuh, ya!

 

3. Membungkuk saat duduk, berdiri, dan berjalan

Membungkuk saat duduk, berdiri, dan berjalan juga bisa menyebabkan ketegangan pada area punggung dan leher. Hal inilah yang memicu sakit kepala bagian belakang jika dilakukan secara terus menerus. Untuk mengatasinya, usahakan memosisikan tubuh selalu tegak baik saat duduk, berdiri, maupun saat berjalan.

Nah, dari beberapa kebiasaan di atas, mana yang seringkali Anda lakukan? Jika sakit kepala belakang mulai melanda, sebaiknya segera beristirahat dengan cara tidur sejenak, berikan pijatan ringan di sekitar leher, pundak, dan tengkuk, minum air putih. Setelah itu, pastikan juga untuk menerapkan pola hidup sehat mulai dari sekarang, ya! Namun, apabila dibutuhkan segera minum obat yang mengandung Paracetamol yang berfungsi untuk mengurangi rasa nyeri di bagian kepala belakang. Jika sakit kepala semakin mengganggu dan tak kunjung sembuh, segera konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut, ya!

bodrex untuk sakit kepala mencengkram