Sakit Kepala Belakang Sering Berulang, Apa Penyebabnya

Sakit Kepala Belakang Sering Berulang, Apa Penyebabnya

Mengalami sakit kepala yang sering berulang, bisa menjadi kendala saat menjalani aktivitas sehari-hari. Apalagi jika berulang dengan intensitas yang yg cukup sering. Anda mungkin bertanya-tanya, mengapa hal ini sering terjadi? Itu sebabnya, Anda perlu memahami  pemicu-pemicu sakit kepala sering berulang.

Postur tubuh buruk

Mungkin ketika Anda mengalami sakit kepala, yang terlintas adalah terjadi sesuatu di dalam kepala Anda. Nyatanya tidak selalu demikian. Sakit yang timbul di kepala, khususnya di bagian belakang, bisa saja dikarenakan postur tubuh yang buruk. Kebanyakan orang memiliki bentuk postur tulang belakang agak membungkuk menyerupai huruf C. Semakin tulang belakang berbentuk C "besar"(lihat gambar ketiga), maka risiko pun semakin tinggi untuk menyebabkan kompresi organ internal tubuh sehingga pada gilirannya membatasi sirkulasi dan transportasi nutrisi.

Bentuk tulang belakang ini kemungkinan besar dibentuk oleh kebiasaan sehari-hari; terlalu banyak duduk, latihan-latihan berbasis fleksi (berlari, duduk, bench press, dll.), dan lain sebagainya. Posisi ini memberikan dampak buruk. Salah satunya menurunkan kapasitas paru-paru Anda hingga 30% - sehingga otak Anda kekurangan oksigen dan dapat menjadi awal timbulnya sakit kepala Anda.

Kurang atau tidak bergerak

Ketika orang memiliki postur tubuh yang salah, penyebab utamanya seringkali orang tersebut kurang atau tidak bergerak sama sekali dalam waktu yang lama. Sebagai hasilnya, otot-otot di bagian belakang tubuh Anda terasa semakin kaku.Hasilnya adalah ketegangan yang konstan di seluruh leher Anda sehingga timbul sakit kepala yang kerap berulang.

Kekurangan elektrolit

Kekurangan cairan atau dehidrasi, memang salah satu penyebab sakit kepala yang paling umum. Minum air lebih banyak adalah satu cara untuk mengatasinya. Namun, minum air saja tidak cukup. Cairan dalam tubuh kita bukan air murni, melainkan campuran kandungan mineral, garam, dan elektrolit yang berbeda yang diperlukan untuk dan digunakan selama kontraksi otot, perbaikan tulang, impuls saraf, pencernaan, berpikir dan berkonsentrasi. Tubuh manusia memiliki tiga elektrolit utama; Sodium (garam), Kalium dan Magnesium yang perlu diseimbangkan satu sama lain untuk mencegah dehidrasi kronis dan penyakit yang terkait.

Makanan dan minuman mengandung kalium yang dapat Anda coba:

  • Bayam (1 cangkir) - 838mg
  • Lentil (1 cangkir) - 730mg
  • Air kelapa (200ml) - 500mg
  • 1 Alpukat besar - 485mg
  • 1 Pisang - 358mg

Makanan dan minuman mengandung magnesium yang dapat Anda coba:

  • Kakao mentah - 519 mg
  • Wijen - 351mg
  • Chia seeds - 335mg
  • Mete - 292mg
  • Almond - 268 mg

Sedangkan kebutuhan sodium (garam) pada banyak orang umumnya tercukupi dengan baik, hanya saja, Anda perlu memastikan bahwa garam tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Dengan memperbaiki 3 hal di atas, idealnya sakit kepala yang Anda alami dapat teratasi dengan lebih baik—paling tidak jika Anda menerapkannya dengan penuh komitmen, frekuensi sakit kepala Anda dapat berkurang.



Sumber artikel dan foto: joedavis.com.au