Saat Sakit Kepala Menyerang, Redakan dengan Memijat Lima Titik Tubuh Berikut Ini!

Saat Sakit Kepala Menyerang, Redakan dengan Memijat Lima Titik Tubuh Berikut Ini!

Padatnya rutinitas harian baik di kantor maupun rumah yang tidak diimbangi dengan waktu istirahat yang cukup serta gaya hidup sehat seringkali memicu gejala sakit kepala yang dialami oleh orang dewasa. Umumnya, kondisi ini akan ditandai dengan munculnya keluhan seperti kepala berat, nyeri atau sakit kepala, sampai pusing. Melansir dari Kompas.com, ada dua jenis sakit kepala yang biasa menyerang, yaitu:

  1. Sakit kepala episodik, yaitu sakit kepala yang datang tiba-tiba, berlangsung cepat, dan terasa menyakitkan. Pemicunya bisa dari ketegangan otot di sekitar kepala atau dari stres.
  2. Sakit kepala kronis, yaitu sakit kepala yang biasanya muncul saat bangun tidur atau setelah seharian beraktivitas. Rasa sakit dan sesak bisa terasa di kedua sisi kepala, dahi, dan pangkal tengkorak.

Titik pijatan untuk meredakan sakit kepala

Meski menjadi keluhan yang wajar dialami, merasakan nyeri di bagian kepala tentu akan sangat mengganggu. Sebelum minum obat untuk meredakan gejalanya, Anda bisa mengatasinya dengan memijat beberapa titik tekanan pada tubuh seperti yang dilansir dari Halodoc.com berikut ini.

1. Union Valley

Mencubit titik tekanan yang terletak di antara ibu jari dan telunjuk pada tangan yang satu dengan ibu jari dan jari telunjuk pada tangan yang lainnya. Beri tekanan yang kuat namun tidak menyakitkan selama 10 detik. Selanjutnya, lakukan gerakan melingkar dengan ibu jari pada area ini dalam satu arah dan arah sebaliknya masing-masing selama 10 detik. Jenis perawatan pada titik tekanan ini diyakini dapat meredakan ketegangan di bagian kepala dan leher. 

2. Drilling Bamboo

Titik tekanan ini terletak di lekukan hidung bagian atas. Gunakan kedua jari telunjuk untuk memberikan tekanan kuat ke kedua titik dan tahan selama 10 detik. Lepaskan dan ulangi beberapa kali. Menyentuh titik-titik tekanan ini mampu meredakan sakit kepala yang disebabkan oleh mata lelah atau sinus.

3. Gates of Consciousness

Titik tekanan ini terletak di pangkal tengkorak di daerah berongga paralel antara dua otot leher vertikal. Tempatkan telunjuk dan jari tengah dari kedua tangan ke titik-titik tekanan ini. Tekan dengan kuat ke atas pada kedua sisi sekaligus selama 10 detik, lalu lepaskan dan ulangi. Pijatan pada area ini membantu meringankan sakit kepala yang disebabkan oleh ketegangan di leher.

4. Third Eye

Titik tekanan yang terletak di antara mata. Beri tekanan kuat namun tidak menyakitkan untuk meringankan mata kelelahan dan tekanan sinus yang sering memicu sakit kepala.

5. Shoulder Wheel

Berikan tekanan yang kuat namun tidak menyakitkan di bagian sumur bahu (area tengah bahu) dengan gerakan melingkar selama satu menit. Kemudian beralih dan ulangi di sisi yang berlawanan. Pijatan pada titik ini membantu meregangkan otot leher dan bahu yang tegang, meredakan sakit leher, dan mencegah sakit kepala yang disebabkan oleh sensasi semacam ini.

Setelah memberikan pijatan di beberapa titik tekanan di atas, percepat proses penyembuhan dengan minum obat sakit kepala yang cepat meredakan nyeri di kepala, dapat diminum sebelum makan, dan tidak menimbulkan kantuk.

Agar tepat guna, pastikan untuk mengonsumsi obat sesuai dengan jenis sakit kepala yang Anda alami, sehingga kandungan bahan di dalamnya dapat bekerja dengan lebih efektif. Tak hanya melengkapi persediaan obat di rumah, pastikan juga untuk selalu menyediakan obat sakit kepala di dalam tas. Dengan begini, Anda tak perlu bingung lagi saat sakit kepala melanda, deh.