Usia muda, tak menjamin Anda akan terbebas dari sakit kepala. Ternyata, penelitian baru yang dilakukan oleh University of Texas Health Science Center di Houston menyebutkan bahwa ada tiga faktor penyebab sakit kepala pada anak muda adalah kurang tidur, kurang berolahraga, dan terlalu lama screen time dengan gadget mereka. Mengapa hal ini bisa terjadi dan bagaimana menyikapinya?

Kurang beristirahat

Seperti Anda tahu, berapapun usianya, memiliki waktu istirahat yang cukup dan berkualitas adalah hal yang sangat penting. Sayangnya, banyak anak muda yang justru mengabaikan hal ini. Mereka lebih sering tidur larut akibat kesibukan pekerjaan, tugas kuliah, bersosialisasi, atapun bersenang- senang. Untuk menghindari sakit kepala akibat kurang istirahat, Anda harus mencoba tidur secara teratur selama 7-8 jam per hari. Jauhkan gadget menjelang waktu tidur dan buat tubuh menjadi rileks sehingga lebih mudah tidur. Caranya dengan mandir air hangat, mengatur suhu kamar tidur, ataupun memasang aroma terapi. Biasakan cukup tidur dan rasakan perbedaan kondisi tubuh Anda setelahnya.

Too much screen time

Tidak bisa dipungkiri bahwa pada era teknologi ini, terlalu banyak screen time bisa jadi salah satu pemicu utama sakit kepala. Bagaimana tidak jika ketika belajar atau bekerja, Anda terus menerus berada di hadapan layar komputer. Saat mengisi waktu luang pun, Anda selalu asyik mengecek media sosial, nonton film, gaming, atau membaca berita lewat layar smartphone. Dengan kata lain, sejak bangun tidur hingga waktunya tidur lagi, Anda selalu terpapar oleh layar gadget. Dilansir dari verywellhealth.com, agar bisa melihat apa yang ada di layar, otak harus mengarahkan otot mata untuk terus-menerus menyesuaikan dengan bagian depan layar. "Perjuangan" mata kita untuk fokus ini dapat menyebabkan kelelahan mata yang dapat memicu sakit kepala.

Kurang berolahraga

Malas berolaharaga ataupun menggerakkan fisik secara aktif (misalnya berjalan kaki, atau naik turun tangga) adalah salah satu kebiasaan buruk yang dimiliki banyak generasi muda. Padahal berolahraga secara teratur dapat membuat fisik kita lebih kuat dan tidak mudah sakit, aliran darah yang dipompa dari jantung ke seluruh tubuh pun menjadi lebih lancar, sekaligus menjauhkan Anda dari stres.

Mengubah kebiasaan buruk di atas adalah prioritas yang perlu Anda lakukan. Gaya hidup sehat akan mencegah munculnya berbagai masalah kesehatan termasuk juga sakit kepala. Meski terkesan sepele, sakit kepala yang sering berulang dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Jadi, selagi masih berusia muda, kenapa tidak mencegah hal ini dengan mengubah kebiasaan Anda? Selain itu, sakit kepala juga bisa diatasi dengan mengonsumsi obat sakit kepala yang tepat seperti bodrex. Kandungan paracetamol-nya dapat membantu redakan sakit kepala dengan cepat. bodrex, ahlinya sakit kepala!

Sumber: sciencedaily.com, verywellhealth.com

ARTIKELTERKAIT

Tempo Scan Bantu Percepatan Penanganan COVID-19 di Kalimantan
06-August-2020

Tempo Scan Bantu Percepatan Penanganan COVID-19 di Kalimantan

Tempo Scan Group kembali memberikan bantuan berupa Alat Pelindung Diri, obat-obatan, vitamin, dan susu anak untuk percepatan penanganan COVID-19 di .... read more
Tips Mengatasi Sakit Kepala Tegang Mencengkeram Agar Aktivitas Menjadi Kembali Nyaman
25-June-2020

Tips Mengatasi Sakit Kepala Tegang Mencengkeram Agar Aktivitas Menjadi Kembali Nyaman

Mengatasi sakit kepala tegang mencengkeram adalah hal penting yang harus diketahui oleh semua orang, terutama bagi mereka yang memiliki aktivitas .... read more
Sakit Kepala Sebelah Kiri Saat Bangun Tidur, Apa Penyebabnya?
18-June-2020

Sakit Kepala Sebelah Kiri Saat Bangun Tidur, Apa Penyebabnya?

Penyebabnya pun bisa berasal dari beberapa faktor, mulai dari kebiasaan sehari-hari hingga kondisi medis yang lebih serius. Kira-kira apa saja, .... read more