Meski Terdengar Sepele, Ini Penyebab Sakit Kepala yang Anda Alami Saat Berada di Kantor

Meski Terdengar Sepele, Ini Penyebab Sakit Kepala yang Anda Alami Saat Berada di Kantor

Sadarkah Anda bahwa penyebab sakit kepala yang seringkali dialami saat berada di kantor justru bisa berasal dari hal-hal sepele yang tidak disadari, loh. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

1. Kebiasaan merokok

Bagi sebagian orang, merokok seringkali dijadikan sebagai jalan pintas untuk mengurangi stress akibat pekerjaan atau aktivitas yang cukup padat, bahkan sekedar untuk membuat mulut tidak terasa asam setelah makan. Namun, tanpa Anda sadari justru ini bisa menjadi pemicu timbulnya sakit kepala jenis cluster atau sakit kepala yang terjadi di bagian belakang mata dan menjalar hingga ke pundak serta leher, loh.

Biasanya, penderita akan mengalami rasa nyeri di kepala bagian belakang selama 15 menit hingga tiga jam. Tak hanya itu, keluhan ini bisa saja kambuh jika kebiasaan ini tidak segera diakhiri.

2. Membungkuk saat jalan dan bekerja

Kebiasaan selanjutnya adalah duduk membungkuk dalam waktu yang cukup lama saat bekerja dan juga saat berjalan. Posisi tubuh yang seperti inilah yang menimbulkan ketegangan pada area punggung dan leher. Tanpa Anda sadari, kebiasaan ini akan memicu timbulnya sakit kepala bagian belakang jika dilakukan secara terus menerus.

Oleh karena itu, usahakan untuk mengatur ketinggian meja dan kursi kerja dengan baik, sehingga posisi duduk tetap tegak dan terhindar dari sakit kepala bagian belakang. Sesekali lakukan gerakan peregangan di tengah aktivitas agar otot tubuh tak tegang dan kembali rileks, ya.

3. Melewatkan waktu makan

Banyaknya pekerjaan dan zoom meeting yang harus dihadiri juga tak jarang membuat kita melupakan sarapan dan melewatkan waktu makan. Selain menurunkan daya tahan tubuh dan menurunkan stamina tubuh, melewatkan makan juga dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah dan membuat tubuh terasa lemas dan memicu sakit kepala sebelah.

4. Terpapar AC secara langsung

Coba perhatikan lagi di kantor Anda, apakah posisi AC berada tepat di atas kepala? Jika iya, maka bisa jadi sakit kepala yang Anda alami selama ini akibat paparan udara dingin yang langsung mengarah ke kepala. Untuk mengatasinya, coba ubah posisi duduk agar tidak terlalu dekat dengan AC. Selain membuat Anda lebih mudah sakit kepala, paparan AC juga bisa membuat kondisi kulit menjadi lebih kering, loh.

5. Paparan sinar matahari

Tanpa Anda sadari, paparan sinar matahari yang Anda dapatkan saat membeli makan siang di luar kantor juga bisa menjadi salah satu penyebab sakit kepala saat berada di kantor. Apalagi perbedaan suhu udara setelah berpanas-panasan di luar dan kembali masuk ke dalam ruangan yang cukup dingin juga turut membuat aliran darah ke otak terganggu, sehingga muncullah sakit kepala.

6. Aroma parfum yang menyengat

Punya teman yang suka menggunakan parfum dengan aroma yang cukup menyengat? Well, hal ini juga bisa membuat Anda sering mengalami sakit kepala sebelah, loh. Untuk mengatasinya, coba ubah posisi duduk agar menjauh dari rekan kerja dengan aroma parfum yang cukup menyengat, ya!

Agar keluhan sakit kepala yang Anda alami saat berada di kantor tidak semakin parah, sebaiknya hindari beberapa penyebabnya di atas, ya. Selain itu, atasi juga sakit kepala yang cukup mengganggu dengan cara minum obat pereda sakit kepala yang mengandung Paracetamol. Pilihlah obat yang tidak menimbulkan rasa ngantuk agar tetap dapat melanjutkan aktivitas Anda di kantor dengan lebih nyaman.