Menu Sahur yang Tak Bikin Gampang Lapar

Menu Sahur yang Tak Bikin Gampang Lapar

Perut yang lapar bisa membuat Anda kehilangan konsentrasi. Bahkan lebih parah lagi, dapat menimbulkan rasa sakit kepala. Namun, menunda jam makan adalah hal yang tidak bisa dihindari di bulan Ramadhan. Agar tidak mengalami rasa lapar yang berlebihan sebelum waktu berbuka puasa, Anda harus mengonsumsi makanan yang sehat dan mengenyangkan pada saat sahur. Inilah lima jenis makanan yang baik dijadikan menu sahur karena dapat mengenyangkan perut.

1. Telur
Penelitian dari University of Missouri di Columbia menunjukkan bahwa mengonsumsi sarapan 300 kalori yang terdiri dari 30 sampai 39 gram protein - seperti telur, dapat mengurangi rasa lapar dan membuat seseorang merasa kenyang lebih lama.

2. Sup
Orang yang memakan semangkuk sup kalori rendah kalori, sebelum menyantap makanan utama mereka, dapat mengurangi asupan kalori total sebesar 20%. Alasannya, sup bisa mengurangi selera makan Anda karena mereka menghabiskan banyak volume di perut Anda, tapi dengan kalori yang lebih rendah. Sepertinya cocok dicoba untuk Anda yang sedang diet tetapi juga berpuasa.

3. Kacang-kacangan
Buncis, kacang polong, kacang merah, dan kacang hijau adalah makanan kaya protein sekaligus serat, antioksidan, vitamin B, dan zat besi. Memakan kacang-kacangan juga dapat membantu mengendalikan nafsu makan Anda. Sebuah meta-analisis baru-baru ini yang dipublikasikan di jurnal Obesity menemukan bahwa 31% orang yang merasa lebih kenyang setelah mengonsumsi makanan yang mengandung kacang-kacangan.

4. Brokoli
Brokoli adalah bagian dari keluarga sayuran yang banyak mengandung nutrisi. Brokoli memiliki banyak antioksidan, yang memiliki manfaat melawan kanker, dan juga meningkatkan asupan serat Anda secara signifikan. Memakan semangkuk brokoli dapat mengenyangkan Anda sekaligus memberikan semua manfaat baik di atas.

5. Apel
Buah apel mengandung banyak serat dan air sehingga perut Anda akan terisi dan merasa kenyang. Jika hendak mengonsumsinya saat sahur, makanlah apel sebelum Anda mengonsumsi makanan utama.

Mengonsumsi makanan yang sehat dan mengenyangkan ketika sahur sangat penting. Pasalnya setelah lebih dari 12 jam berpuasa, sangat mungkin kepala Anda dilanda sakit karena kondisi perut yang kosong.