Mengenal Sakit Kepala Cluster

Mengenal Sakit Kepala Cluster

Anda mungkin pernah mengalami sakit kepala secara tiba-tiba selama beberapa waktu lalu hilang begitu saja. Kemudian timbul lagi dan berulang hingga beberapa kali dalam sehari? Jika ya, maka mungkin Anda mengalami apa yang dinamakan dengan cluster headache. Meski muncul hanya sebentar-sebentar, namun ‘siklus’ ini cukup menyakitkan bagi penderitanya.

Sebenarnya sakit kepala cluster bukanlah sakit kepala yang umum. Menurut Medical News Today, jenis sakit kepala ini kemungkinan hanya mempengaruhi sekitar 1 dari setiap 1.000 orang. Enam dari 10 kasus penderitanya laki-laki dan sebagian besar adalah perokok. Biasanya dimulai setelah usia 20 tahun.

Fakta Sakit Kepala Cluster

  • Sakit kepala cluster biasanya mempengaruhi satu sisi kepala dan area di sekitar mata. Anda mungkin mengalami mata merah dan hidung tersumbat.
  • Dialami oleh sekitar 1 dari 1.000 orang, dan laki-laki lebih mungkin terpengaruh.
  • Selama serangan, atau periode cluster, sakit kepala sering terjadi. Namun saat terjadi jeda, sakit kepala tidak terjadi sama sekali.

Pencegahan

  • Hindari alkohol. mengurangi asupan alkohol dapat meminimalkan serangan sakit kepala.
  • Berhenti merokok. Presentase penderita sakit kepala cluster lebih banyak yang perokok. Bisa jadi jika Anda mengurangi kebiasaan ini, maka potensi munculnya sakit kepala cluster akan berkurang.
  • Mempertahankan pola tidur teratur. Perubahan pola tidur dapat meningkatkan risiko munculnya sakit kepala cluster.
  • Menjaga suhu tubuh tetap stabil. Jika di lingkungan Anda perubahan cuaca sedang cukup ekstrim, usahakanlah untuk menjaga suhu tubuh tetap stabil. Sebab peningkatan suhu tubuh yang terlalu cepat disinyalir dapat menjadi salah satu pemicu sakit kepala cluster.

Bagaimana mengatasinya?

  • Menghirup oksigen 100%: Menghirup oksigen melalui masker sebanyak 7 - 10 liter meringankan gejala sakit kepala cluster.  Hirup sedalam-dalamnya dengan demikian frekuensi sakit kepala akan berangsur berkurang.
  • Minum bodrex. Jangan tunda pemberian obat sakit kepala. bodrex mengandung paracetamol yang berfungsi sebagai analgesik yang mampu meredakan rasa sakit. Dengan minum bodrex sesegera mungkin, sakit kepala akan lebih cepat teratasi.