Setelah lebaran, jarum di timbangan berat badan bergeser ke arah kanan. Bentuk tubuh semakin melebar dan terasa kurang nyaman. Hal inilah yang kerap dialami banyak orang setelah kalap menyantap menu khas hari raya Idul Fitri. Tidak mengherankan sih, menu khas hari raya seperti opor ayam, sambal goreng hati, dan aneka kue-kue lezat memang sulit untuk ditolak. Tetapi kamu tentu tidak mau jika jarum di timbangan tidak kembali ke posisi semula, bukan? Agar berat badan kembali ideal, coba lakukan olahraga di bawah ini.

1. Lari
Olahraga yang sedang banyak digemari ini bisa membantumu menurunkan berat badan lebih cepat jika dilakukan secara teratur. Idealnya, lakukan jogging selama 50 menit 3-4 kali seminggu. Namun jika kamu tidak punya banyak waktu, ganti dengan jalan cepat menggunakan treadmil . Lari dapat membakar kalori tubuh cukup banyak tidak membutuhkan banyak peralatan yang merepotkan.

2. Bersepeda
Sepeda adalah jenis olahraga yang bukan saja dapat membakar lemak, tetapi juga melatih otot di seluruh tubuhmu. Mulai dari ototo kaki, paha, hingga lengan, semua memiliki peranan masing-masing saat bersepeda. Maka nggak heran kalau setelah berat badanmu turun, tubuhmu juga terasa lebih kencang.

3. Aerobik
Olahraga ini mampu membakar kalori dalam jumlah besar dan juga dapat dilakukan dimana saja, baik outdoor ataupun indoor. Iringan musik membuat olahraga aerobik semakin menyenangkan. Jika tidak ada instruktur khusus, kamu bisa mencontoh gerakannya dari DVD atau Youtube. Praktis sekali ya!

4. Main Futsal
Bosan olaharaga sendirian? Bermain futsal dapat menjadi alternatif olahraga yang menyenangkan karena bisa dilakukan bersama teman-teman. Jika sudah terbiasa main futsal, kamu bisa ‘meningkatkan’ kemampuanmu dengan bermain sepak bola di lapangan besar. Jika bermain di lapangan besar, tentu tubuhmu akan semakin terlatih dan lemak-lemak sisa lebaran akan cepat hilang!

5. Sit Up
Salah satu bagian tubuh yang paling gampang tertimbun lemak adalah perut. Sesudah lebaran, kamu wajib melatih otot perut agar kembali ramping. Cara yang paling efektif adalah dengan melakukan sit up secara rutin. Kamu bisa memulainya dari 20 hitungan lalu tingkatkan sedikit demi sedikit. Setelah sebulan, kamu pasti akan puas dengan hasilnya.

6. Angkat beban
setelah berat badan kembali normal, tidak ada salahnya menyempurnakan bentuk tubuh dengan latihan angkat beban. Sisa-sisa lemak di lengan akan benar-benar hilang. Namun tidak perlu dipaksakan, mulai saja dengan latihan selama 15 menit, lalu tingkatkan sedikit demi sedikit sesuai dengan kemampuanmu.

ARTIKELTERKAIT

Hindari Sakit Kepala Belakang dgn 4 Tips Olahraga Ini
18-July-2019

Hindari Sakit Kepala Belakang dgn 4 Tips Olahraga Ini

Hindari Sakit Kepala Belakang dgn 4 Tips Olahraga Ini - Lakukan gerakan yang tepat untuk mengatasi dua masalah tersebut dengan .... read more
5 Hal yang Bisa Memperburuk Sakit Kepala Belakang
24-July-2019

5 Hal yang Bisa Memperburuk Sakit Kepala Belakang

Sebelum Anda melakukan langkah-langkah yang salah yang mengakibatkan sakit kepala mencengkeram tak tertahankan, ada baiknya untuk menghindari 5 hal berikut .... read more
Posisi Tidur yang Tepat untuk Penderita Sakit Kepala Belakang
12-July-2019

Posisi Tidur yang Tepat untuk Penderita Sakit Kepala Belakang

Sama seperti leher dan punggung,bahu juga bisa memberi dampak langsung terhadap munculnya sakit kepala bagian belakang. Oleh karena itu, cobalah .... read more