Mengapa Olahraga Bisa Membantu Redakan Sakit Kepala?

Mengapa Olahraga Bisa Membantu Redakan Sakit Kepala?

Sering mengalami sakit kepala berulang menandakan ada hal yang salah dari tubuh Anda. Namun tidak juga selalu menandakan penyakit yang berbahaya, terkadang alasannya adalah gaya hidup yang tidak sehat, misalnya kurang berolahraga. Sebenarnya mengapa olahraga bisa membantu redakan sakit kepala? Simak penjelasannya berikut ini.

Kaitan Olahraga dan Sakit Kepala

Dilansir dari laman situs Everyday Health ada penelitian yang menyebutkan bahwa olahraga memiliki manfaat terhadap sakit kepala, misalnya menurunkan frekuensi sakit kepala. Hal ini terjadi karena secara tak langsung, olahraga dapat mengurangi stres dan meningkatkan kebugaran kardiovaskular. 

Itu sebabnya untuk mengatasi sakit kepala Anda dianjurkan untuk melakukan olahraga kardio, Misalnya saja berenang, bersepeda atau aerobik. Dilansir dari Web MD, penelitian di Swedia menunjukkan pasien migrain yang rutin bersepeda tiga kali seminggu selama tiga bulan mengalami penurunan gejala migrain yang mereka rasakan. Beberapa teori mengatakan bahwa kegiatan yang membuat Anda berkeringat dapat menghilangkan stres. 

Meski memulai kebiasaan olahraga adalah hal yang baik, namun tentu saja olahraga bukanlah faktor tunggal yang akan menjadi solusi sakit kepala Anda. Bagaimanapun Anda tetap harus membarenginya dengan kebiasaan baik lainnya seperti tidur cukup secara teratur dan menerapkan pola diet yang seimbang.

Baca Juga: Kuis Kenali Jenis Sakit Kepala yang Sering Anda Alami!

Lakukan Secara Bertahap 

Hal terakhir yang harus Anda perhatikan adalah menjaga dan meningkatkan intensitas latihan secara bertahap. Jangan terlalu ambisius, apalagi jika Anda tergolong pemula dalam berolahraga. Meningkatkan intensitas latihan terlalu cepat justru bisa memicu sakit kepala. Saat melakukan latihan pastikan detak jantung tidak sampai di atas 150 denyut per menit (bpm) dan jangan sampai Anda merasa sesak napas karena itu pertanda denyut jantung terlalu cepat. 

Lakukan olahraga dan kebiasaan sehat lainnya secara konsisten dan manfaatnya dapat Anda rasakan dalam beberapa minggu. Sakit kepala akan mereda bahkan juga hilang sama sekali. Mengingat manfaat yang dapat Anda terima, tidak ada alasan lagi untuk menunda olahraga bukan? Lakukan pola hidup sehat, mula dari sekarang!