Kuis Kenali Jenis Sakit Kepala yang Sering Anda Alami!

Kuis Kenali Jenis Sakit Kepala yang Sering Anda Alami!

Bingung menentukan jenis sakit kepala yang sedang Anda alami? Agar tidak salah cara penanganannya, coba jawab pertanyaan kuis di bawah berikut ini dan kenali jenis sakit kepala yang sering Anda alami!

1. Bagaimana sakit kepala Anda dimulai?

  1. Secara tiba-tiba
  2. Muncul secara bertahap dan semakin meningkat
  3. Muncul setelah melakukan aktivitas tertentu

2. Hal apa yang bisa memperparah sakit kepala Anda secara signifikan?

  1. Kelelahan
  2. Cahaya terang, suara berisik
  3. Terus menerus menatap layar ponsel / laptop

3. Hal apa yang berpengaruh dalam mengurangi sakit kepala tersebut?

  1. Tidur, makan, beristirahat
  2. Ketenangan, misalnya pindah ke ruangan yang sepi.
  3. Pijat relaksasi, stretching, berbaring

4. Berapa lama rata-rata durasi sakit kepala yang kamu alami?

  1. Dapat hilang dalam hitungan jam
  2. Beberapa jam hingga beberapa hari
  3. Bisa segera membaik, namun juga mudah kembali apabila melakukan aktivitas tertentu

5. Letak sakit kepala Anda paling dominan terasa pada bagian….

  1. Menyebar di seluruh kepala
  2. Di sisi kanan atau kiri kepala
  3. Dekat bagian belakang kepala atau leher

Hasil Quiz Jenis Sakit Kepala

Jawaban lebih banyak A: SAKIT KEPALA BIASA

Sakit kepala yang Anda rasakan kemungkinan adalah sakit kepala biasa yang disebabkan oleh hal-hal yang ‘biasa’. Coba ingat lagi apakah akhir-akhir ini Anda kurang istirahat, sering terlambat makan, atau kelelahan? Bisa jadi rasa sakit kepala yang Anda rasakan dipicu oleh hal-hal di atas. Jangan abaikan hal-hal yang Anda anggap sepele tersebut, perbaiki pola hidup menjadi lebih sehat dan minum obat sakit kepala jika perlu. Pola hidup yang sehat akan mencegah Anda mengalami sakit kepala berulang.

Jawaban lebih banyak B: SAKIT KEPALA MIGRAIN

Jika jawaban Anda didominasi B, besar kemungkinan sakit kepala yang Anda rasakan adalah migrain atau sakit kepala sebelah. Jenis sakit kepala ini memang cukup rumit. Migrain biasanya datang secara bertahap dimulai dari fase prodromal, fase aura, fase attack, dan fase postdrome. Fase yang Anda alami pun bisa terjadi secara utuh atau hanya sampai pada fase awal saja, tergantung bagaimana Anda menanganinya. Migrain bisa cukup sulit ditangani (berlangsung hingga berhari-hari). Namun apabila Anda menghindari factor pemicunya, maka potensi serangan migtrain bisa diminimalisir. Hal yang perlu Anda hindari diantaranya cahaya terang, bau yang tajam, dan kebisingan, karena penderita migrain bisa menjadi sangat sensitive terhadap hal-hal tersebut.

Jawaban lebih banyak C: SAKIT KEPALA TEGANG

Sakit kepala tegang biasanya tidak terjadi secara tiba-tiba, melainkan akumulasi dari kebiasaan yang salah saat beraktivitas. Misalnya postur tubuh Anda saat bekerja atau berdiri, kebiasaan menggunakan gadget, dan lain sebagainya. Akibatnya otot-otot tubuh terasa pegal dan nyeri yang apabila dibiarkan dapat menimbulkan sakit kepala. Cara efektif menghilangkan sakit kepala tegang secara permanen adalah dengan memperbaiki postur, menghindari membawa barang berat, mengurangi aktivitas fisik yang berat, melakukan relaksasi (seperti pijat), berolahraga teratur, dan melakukan fisioterapi—jika diperlukan.

Artikel Lainnya: Hati-hati Jangan Abaikan Sakit Kepala dengan 4 Gejala Ini