Mengalami Migrain dan Gejala Lain Setelah Vaksin? Coba Atasi dengan 4 Cara Ini

Mengalami Migrain dan Gejala Lain Setelah Vaksin? Coba Atasi dengan 4 Cara Ini

Vaksinasi adalah salah satu upaya mencegah penularan penyakit berbahaya yang perlu dilakukan setiap orang terutama pada masa pandemi ini. Sayangnya, masih banyak orang yang ragu melakukan vaksinasi karena khawatir dengan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) atau efek samping yang terjadi. Padahal efek samping yang dialami umumnya juga masih tergolong ringan seperti nyeri, demam ringan, ataupun migrain. Nah, jika Anda mengalami migrain dan gejala lain setelah vaksin, coba atasi dengan 4 cara ini!

  1. Kompres air hangat

Jika Anda mengalami demam ringan, kompreslah dahi dan bagian lipatan-lipatan tubuh dengan air hangat. Cara ini akan membuat Anda merasa lebih nyaman serta peredaran darah lebih lancar. Air hangat juga disinyalir dapat membantu menurunkan suhu tubuh akibat demam.

  1. Makan makanan bergizi

Konsumsilah makanan sehat dan bergizi seimbang agar tubuh tetap kuat dan lebih cepat pulih. Hindari dulu makanan yang berpengawet karena dapat memperburuk sakit kepala atau migrain yang Anda alami. Makanan hangat dan berkuah seperti sup atau soto ayam bisa jadi comfort food ketika Anda mengalami KIPI.

  1. Istirahat yang cukup

Tidak ada salahnya mengambil cuti kerja 1-2 hari setelah vaksinasi. Efek samping yang terjadi pada setiap orang memang berbeda. Ada yang tidak mengalaminya sama sekali, ada pula yang mengalaminya selama 1-2 hari setelah vaksin. Jika KIPI yang Anda rasakan cukup mengganggu, lebih baik cuti dan fokus memulihkan diri dulu.

  1. Minum obat pereda sakit kepala

Minumlah obat Pereda sakit kepala dan nyeri yang mengandul paracetamol. Obat ini akan membantu menurunkan demam dan mengurangi sakit kepala termasuk jika kamu mengalami migrain.

Itulah cara mengatasi migrain dan gejala lain setelah vaksin. Jangan terlalu khawatir ya, sebab dibandingkan KIPI yang—belum tentu—dialami, manfaat vaksinasi jauh lebih besar lho. Selain itu KIPI juga merupakan hal yang wajar terjadi dan akan hilang dengan sendirinya sehingga Anda tidak perlu ragu untuk melaksanakan vaksinasi.

Artikel Lainnya: Kuis, Cek Seberapa Parah Pengaruh Migrain pada Keseharian Anda!