Kuis, Cek Seberapa Parah Pengaruh Migrain pada Keseharian Anda!

Kuis, Cek Seberapa Parah Pengaruh Migrain pada Keseharian Anda!

Sakit kepala sebelah memang sering dialami orang dan dapat terjadi pada siapa saja. Namun tidak semua migrain parah. Sebagian orang hanya mengalami gejala ringan dan masih bisa melanjutkan aktivitasnya, sementara sebagian yang lain justru merasa sangat terpengaruh hingga harus menghentikan seluruh aktivitasnya hingga benar-benar pulih. Berikut ini adalah kuisioner MIDAS (Migraine Disability Assessment) untuk mengecek seberapa parah dampak sakit kepala sebelah atau migrain pada keseharian Anda

Jawablah pertanyaan berikut tentang SEMUA sakit kepala yang Anda alami selama 3 bulan terakhir. Pilih jawaban Anda di kotak di sebelah setiap pertanyaan. Pilih nol jika Anda tidak memiliki aktivitas dalam 3 bulan terakhir. Silakan bawa formulir yang sudah diisi ke profesional kesehatan Anda.

  1. Berapa hari dalam 3 bulan terakhir Anda tidak masuk kerja atau sekolah karena sakit kepala?
  2. Berapa hari dalam 3 bulan terakhir produktivitas Anda di tempat kerja atau sekolah berkurang setengahnya atau lebih karena sakit kepala Anda? (tidak termasuk hari saat anda tidak bisa beraktivitas sama sekali, seperti pada pertanyaan nomor satu).
  3. Berapa hari dalam 3 bulan terakhir anda tidak melakukan pekerjaan rumah tangga (seperti pekerjaan rumah, perbaikan dan pemeliharaan rumah, belanja, merawat anak dan saudara) karena sakit kepala yang anda alami?
  4. Berapa hari dalam 3 bulan terakhir produktivitas Anda dalam pekerjaan rumah tangga berkurang setengahnya lebih karena sakit kepala Anda? (tidak termasuk hari saat anda tidak bisa mengerjakan pekerjaan rumah tangga sama sekali, seperti pada pertanyaan nomor tiga)
  5. Berapa hari dalam 3 bulan terakhir Anda melewatkan kegiatan keluarga, sosial atau rekreasi karena sakit kepala Anda?

Jawablah 5 pertanyaan di atas dengan jumlah yang jujur. Kemudian tambahkan hail jawaban (jumlah hari) pada pertanyaan nomor 1-5. 

 

Level MIDAS Definisi Skor MIDAS
I Little or No Disability 0-5
II Mild Disability 6-10
III Moderate Disability 10-20
IV Severe Disability 21+

 

Bila dari kuis di atas Anda mendapatkan skor lebih dari 6, maka sudah saatnya Anda berkonsultasi dengan dokter. Sebab artinya migrain yang Anda alami sudah berada di tingkatan yang mengganggu aktivitas sehari-hari Anda.

Baca Juga: Gajian Cuma Numpang lewat? Ini Tips Biar Nggak Jadi Sakit Kepala!

Sumber: headaches.org