Makanan untuk Berbuka Puasa Sebagai Pereda Sakit Kepala

Makanan untuk Berbuka Puasa Sebagai Pereda Sakit Kepala

Kekurangan asupan nutrisi, cairan, dan menurunnya gula darah merupakan penyebab sakit kepala yang sering dialami saat berpuasa. Jika Anda termasuk salah seorang yang sering mengalaminya, segera atasi dengan mengonsumsi beberapa makanan bergizi saat berbuka puasa berikut ini, ya!

Meredakan sakit kepala dengan buah kurma

Makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi pertama kali saat berbuka puasa adalah buah kurma. Tujuannya adalah agar perut tidak kaget saat kembali menerima makanan setelah berada dalam kondisi kosong dalam waktu yang cukup lama. Tak hanya itu saja, rasa manis dari buah kurma juga bisa membantu meningkatkan kadar gula dalam darah secara alami. Bahkan, buah kurma juga mengandung salisilat yang bereaksi seperti aspirin untuk meredakan sakit kepala, namun tentunya lebih aman untuk dikonsumsi. Setelah mengonsumsi buah kurma, lanjutkan dengan minum air mineral untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda, sehingga keluhan sakit kepala bisa perlahan menghilang.

Makanan pedas dan berkuah

Makanan pedas juga dipercaya mampu meringankan rasa sakit yang dialami tubuh, salah satunya sakit kepala yang disebabkan oleh tekanan pada sinus. Sifat anti-inflamasi pada cabai inilah yang nantinya akan memberikan stimulus pada reseptor untuk menghilangkan sakit kepala. Tak hanya makanan pedas, makanan berkuah seperti sop ayam juga ampuh dalam meredakan sakit kepala dan juga demam berkat kandungan air yang bisa menghidrasi tubuh saat sakit.

Teh hijau hangat

Selain air mineral, Anda juga bisa minum teh hijau hangat yang dipercaya bisa meringankan sakit kepala sejak zaman dulu. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan di dalamnya yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga rasa hangat yang bisa memberikan ketenangan saat mengonsumsinya.

Menghilangkan sakit kepala dengan buah jeruk dan pisang

Tak hanya makanan berat yang biasa dikonsumsi saat berbuka puasa, Anda juga bisa mengatasi sakit kepala dengan mengonsumsi buah-buahan seperti pisang dan jeruk. Menurut sebuah artikel yang dilansir dari laman online situs Kompas.com, ada penelitian yang mengatakan bahwa magnesium yang terkandung di dalam pisang bisa melindungi tubuh dari serangan sakit kepala dengan cara merelaksasi pembuluh darah. Sedangkan buah jeruk memiliki kandungan air yang tinggi, kaya akan vitamin C dan magnesium, serta rasa asam yang segar yang bisa menghidrasi otak dan tubuh, sehingga bisa memberikan rasa nyaman di kepala.

Jika sakit kepala terasa cukup mengganggu, Anda juga bisa mengatasinya dengan segera minum obat saat berbuka puasa. Pilihlah obat sakit kepala yang mengandung Paracetamol dan bisa dikonsumsi baik sebelum maupun sesudah makan, sehingga keluhannya bisa segera teratasi dengan baik dan Anda bisa kembali melanjutkan aktivitas dengan lebih nyaman.