Kompres Hangat atau Dingin? Ini Cara yang Benar untuk Atasi Migrain

Kompres Hangat atau Dingin? Ini Cara yang Benar untuk Atasi Migrain

Bukan fakta baru jika sakit kepala sebelah sering dialami banyak orang. Sakit kepala migrain biasanya merupakan rasa sakit yang hebat dan berdenyut pada satu, atau kadang-kadang, kedua sisi kepala. Bahkan, migrain adalah sakit kepala paling umum yang menyebabkan pasien mengunjungi dokter mereka.

Menurut situs womenshealth.gov, penyebab pasti migrain tidak sepenuhnya dipahami. Sebagian besar peneliti berpikir bahwa migrain disebabkan oleh perubahan abnormal pada kadar zat yang diproduksi secara alami di otak. Ketika kadar zat ini meningkat, mereka dapat menyebabkan peradangan. Peradangan ini kemudian menyebabkan pembuluh darah di otak membengkak dan menekan saraf di sekitarnya sehingga menimbulkan rasa sakit.

Namun ketimbang hanya fokus terhadap penyebabnya, tentu yang lebih penting adalah bagaimana cara menanganinya. Sebab sakit kepala sebelah bukan hanya mengganggu Anda secara fisik tetapi juga memengaruhi mood. Pada akhirnya, migrain bisa sangat mengganggu aktivitas Anda.

Ada beberapa cara yang sering disarankan untuk meredakan sakit kepala sebelah, salah satunya adalah mengompres kepala. Namun, sering pula terjadi kebingungan manakah yang lebih baik: mengompres dengan air hangat—atau justru air dingin? Berikut penjelasannya!

Sama-sama efektif

Ternyata dilansir dari Everyday Health, kedua cara ini sama-sama membantu!
kata Lawrence C. Newman, MD, direktur divisi sakit kepala di NYU Langone Medical Center di New York City dan anggota dewan American Migraine Foundation mengungkapkan, banyak pasiennya yang memilih kompres dingin untuk mengatasi migrain.

Kompres dingin dapat memiliki efek ‘mati rasa, sehingga dapat membuat otak sedikit teralihkan dari rasa sakit kepala sebelah dan ujung-ujung saraf Anda lebih fokus pada sensasi dingin dari kompres es. Agar lebih nyaman di kulit, lapisi kompres es dengan kain berbahan handuk lembut.

Sementara itu, Sebagian orang lain justru lebih suka mengompres dengan air hangat. Sensasi hangat/panas dapat membantu mengendurkan otot yang tegang. Selain dengan mengompres kepala, Anda juga dapat mencoba mandi dan keramas menggunakan air hangat.

Setelah mengompres kepala, lanjutkan dengan beristirahat di tempat yang tenang dan gelap. Bermeditasi, memperbanyak minum air putih, dan melakukan pijatan juga bisa Anda lakukan. Bila diperlukan, konsumsilah obat pereda sakit kepala sebelah. Demikian cara mengatasi migrain yang benar dan bisa Anda coba, hope you recover soon!

Sumber: womenshealth.gov, Everyday Health