Kepala Bagian Belakang Terasa Berat, Apa Penyebabnya?

Kepala Bagian Belakang Terasa Berat, Apa Penyebabnya?

Kepala bagian belakang terasa berat termasuk keluhan ringan dan tidak berbahaya. Biasanya hal ini terjadi karena kebiasaan yang dilakukan secara terus menerus setiap harinya, sehingga penyebabnya juga akan sangat berbeda pada setiap penderitanya. Apa saja, ya?

Kebiasaan Merokok dan Minum Alkohol

Merokok dan minum minuman beralkohol seringkali dijadikan pelarian saat seseorang merasa stress atau banyak masalah dalam hidupnya. Alih-alih membuat pikiran menjadi tenang, tahukah Anda bahwa justru kebiasaan inilah yang akan memicu timbulnya sakit kepala cluster atau sakit kepala yang terjadi di bagian belakang mata dan menjalar hingga ke pundak serta leher, lho. Biasanya, keluhan rasa nyeri di kepala bagian belakang selama 15 menit hingga tiga jam. Terlebih lagi, keluhannya bisa kambuh jika kebiasaan ini tidak segera diakhiri.

Memaksakan Diri untuk Olahraga 

Kepala bagian belakang terasa berat juga bisa terjadi saat seseorang memaksakan diri untuk melakukan olahraga yang terlalu berat, apalagi jika sebelumnya tidak pernah berolahraga. Rasa nyerinya biasanya terjadi tepat di belakang mata dan menjalar ke bagian belakang. Keluhan ini umumnya berlangsung selama 20 menit. Untuk menghindari kemungkinan ini, pastikan untuk selalu melakukan pemanasan sebelum berolahraga dan lakukan olahraga lari sesuai dengan kemampuan tubuh. Pilih juga jenis olahraga yang sesuai dengan kemampuan tubuh. Tak perlu terlalu berat dan lama, yang penting Anda melakukannya secara rutin selama 30 menit setiap harinya.

Membungkuk Saat Jalan dan Bekerja

Kebiasaan duduk membungkuk saat bekerja dan berjalan dalam waktu yang cukup lama juga bisa menimbulkan ketegangan pada area punggung dan leher. Hal inilah yang memicu sakit kepala bagian belakang jika dilakukan secara terus menerus. Untuk mengatasinya, usahakan untuk mengatur ketinggian meja dan kursi agar posisi duduk tetap tegak. Sesekali lakukan gerakan peregangan di tengah aktivitas agar otot tubuh tak tegang dan kembali rileks, ya.

Saat kepala bagian belakang terasa berat dan cukup mengganggu, Anda juga bisa mengatasinya dengan minum obat pereda sakit kepala yang mengandung Paracetamol. Agar tetap dapat melanjutkan aktivitas dengan nyaman, pilihlah obat sakit kepala yang tidak menyebabkan ngantuk, ya!

Artikel Lainnya: