Kebiasaan Saat Bulan Puasa Ini Justru Bisa Memicu Sakit Kepala, Lho! Penasaran?

Kebiasaan Saat Bulan Puasa Ini Justru Bisa Memicu Sakit Kepala, Lho! Penasaran?

Sering mengalami sakit kepala saat berpuasa? Meski hal ini wajar terjadi, namun beberapa kebiasaan yang Anda lakukan saat bulan puasa ini bisa menjadi pemicunya, lho. Apa saja, ya?

Begadang

Menghabiskan waktu dengan melakukan aktivitas hingga larut malam bisa menjadi salah satu penyebab sakit kepala yang Anda rasakan saat berpuasa. Biasanya hal ini banyak dilakukan oleh mereka yang memiliki pekerjaan yang cukup padat atau memiliki hobi bermain game hingga larut bahkan mendekati waktu sahur. Jika kebiasaan ini dilakukan secara terus-menerus, maka waktu istirahat akan semakin berkurang dan risiko sakit kepala akan meningkat.

Dilansir dari laman online SehatQ.com, ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa kurangnya waktu tidur meningkatkan protein dalam tubuh yang berkontribusi untuk mengatasi nyeri kronis. Saat kadar protein dalam tubuh berkurang, maka kemampuan tubuh untuk menahan rasa sakit juga akan menurun. Hal inilah yang akhirnya membuat Anda mengalami sakit kepala.

Seringkali melewatkan sahur

Hingga kini masih banyak juga yang lebih memilih untuk melewatkan sahur karena tidak bisa melawan rasa kantuknya. Akibatnya tidak ada asupan makanan dan cairan yang masuk untuk menunjang aktivitas sehari-hari saat berpuasa hingga berujung pada keluhan sakit kepala yang seringkali muncul. Apakah Anda salah satunya?

Jika iya, sebaiknya segera hindari kebiasaan yang satu ini. Tetap penuhi kebutuhan nutrisi saat sahur dengan mengonsumsi makanan seperti oatmeal, buah pisang, telur roti, atau susu. Jangan lupa juga untuk minum dua gelas air mineral untuk mencukupi kebutuhan cairan harian Anda.

Nah, dari kedua kebiasaan ini, mana yang paling sering Anda lakukan? Yuk, segera perbaiki kebiasaan dengan menerapkan pola hidup sehat, terutama saat berpuasa. Namun, jika sakit kepala terlanjur dialami, segera atasi dengan minum obat yang mengandung Paracetamol dan bisa Anda konsumsi baik saat sahur dan berbuka puasa.