Hati-hati, Ini Tipe Orang yang Memiliki Faktor Risiko Migrain Lebih Tinggi!

Hati-hati, Ini Tipe Orang yang Memiliki Faktor Risiko Migrain Lebih Tinggi!

Meski bisa terjadi pada siapa saja, namun ada tipe orang yang memiliki faktor risiko migrain lebih tinggi. Cari tahu selengkapnya dengan membaca artikel berikut ini!

  • Memiliki riwayat migrain dalam keluarga

Gen ternyata memiliki pengaruh dalam menyebabkan migrain. Jika seseorang dalam keluarga Anda mengalami sakit kepala migrain, kemungkinan besar Anda akan mengalaminya.

  • Berada di usia 30-an

Sakit kepala migrain dapat menyerang kapan saja dalam hidup Anda, tetapi kemungkinan besar Anda akan mengalaminya pertama kali di usia remaja. Sakit kepala cenderung memuncak pada usia 30-an dan menjadi kurang parah di kemudian hari.

  • Berjenis kelamin perempuan

Ternyata perempuan sekitar tiga kali lebih mungkin untuk mengalami migrain dibandingkan dengan laki-laki. Penyebabnya kemungkinan besar adalah perubahan hormon estrogen dapat menyebabkan migrain pada perempuan. Obat-obatan seperti pil KB atau terapi penggantian hormon dapat memicu sakit kepala atau memperburuknya. Tetapi perempuan justru mengalami migrain lebih minimal ketika mereka minum obat ini.

  • Memiliki level stres tinggi

Saat Anda stres, otak Anda melepaskan bahan kimia yang memicu respons "lawan atau lari". Kecemasan, kekhawatiran, dan ketakutan dapat membuat lebih banyak ketegangan dan memperburuk migrain.

  • Sering mengonsumsi makanan instan

Jika Anda sering mengonsumsi makanan instan atau olahan, hati-hati karena Aspartam pemanis buatan dan penambah rasa monosodium glutamat (MSG) juga dapat meningkatkan risiko migrain.

  • Tidak memiliki jam makan teratur

Jika Anda melewatkan makan, gula darah Anda bisa turun, memicu sakit kepala.

Baca Juga: Sakit Kepala Tegang dan Asam Lambung, Benarkah Saling Berhubungan?

  • Terpapar sensorik secara berlebihan

Jika tempat Anda bekerja atau berkativitas di tempat yang memiliki cahaya terlalu trang, suara terlalu keras, atau memiliki bau yang kuat, maka kemungkinan mengalami sakit kepala sebelah juga cukup besar.

  • Sedang atau sering traveling

Apabila Anda sering melakukan perjalanan bisnis ataupun liburan sangat mungkin Anda mengalami migtrain akibat terlalu sedikit tidur atau jet lagi karena perpindahan zona waktu.

  • Terlalu intens berolahraga

Punya hobi olahraga atau pekerjaan Anda memang berkaitan dengan olahraga? Perhatikan intensitas olahraga yang Anda lakukan karena bisa olahraga dengan intensitas tinggi bisa menyebabkan migrain.

Nah itulah tipe orang yang memiliki faktor risiko migrain tinggi. Apakah Anda memiliki salah satu cirinya? Cobalah lebih peka dengan kondisi tubuh Anda dan lakukan pola hidup sehat dan seimbang untuk meminimalisir munculnya migrain. Selamat mencoba!

Sumber: WebMD