Hati-hati Berbuka Puasa dengan Makanan Ini

Hati-hati Berbuka Puasa dengan Makanan Ini

Waktu berbuka puasa seringkali menjadikan orang yang berpuasa menjadi 'kalap'. Rasanya makanan apapun ingin disantap setelah seharian berpuasa. Padahal, terlalu rakus saat berbuka tidak baik untuk kesehatan, lho. Apalagi jika Anda sembarangan memilih menu berbuka. Ternyata ada beberapa macam makanan dan minuman yang kurang baik jika dijadikan menu berbuka. Apa saja dan mengapa ya?

Minuman bersoda
Jika tidak ingin malah jadi mual dan bahkan muntah, jangan pernah mencoba buka puasa dengan minuman bersoda. Sebab, minuman berkarbonasi ini bisa menimbulkan reaksi meningkatnya asam lambung. Apalagi ketika perut Anda belum terisi makanan setelah seharian berpuasa.

Makanan dan minuman tinggi gula
Berbuka puasa dengan makanan dan minuman yang manis memang dianjurkan, sebab kandungan gula bisa berubah menjadi energi dalam waktu relatif cepat. Tetapi jika kandungan gula dari makanan dan minumannya terlalu tinggi, malah bisa bearakibat buruk untuk kesehatan dan melonjaknya kadar gula darah. Lebih baik, berbuka dengan takjil manis secukupnya seperti kurma, teh manis, atau kolak, tetapi porsinya tidak berlebihan. Sedangkan makanan seperti cokelat atau permen sebaiknya tidak dikonsumsi saat berbuka puasa.

Gorengan
Berbuka dengan gorengan memang nikmat, tetapi ternyata sangat tidak sehat. Gorengan mengandung banyak lemak dan juga minyak di dalamnya. Hal ini menyebabkan perut cepat merasa kenyang, walaupun Anda hanya makan sedikit saja karena jenis makanan ini tergolong sulit dicerna. Ini tidak baik karena sebelumnya kondisi perut Anda sudah kosong dalam waktu yang lama dan membutuhkan nutrisi yang cukup untuk menggantinya.

Makanan dan minuman asam
Suatu makanan dan minuman yang asam memang tidak boleh dimakan dalam kondisi perut kosong. Bisa-bisa Anda langsung sakit perut! Hindari makanan yang asam seperti pempek, asinan, ataupun tomyam, juga minuma asam seperti lemonade. Anda boleh mengonsumsinya setelah mengisi perut dengan takjil dan makanan ringan lain. Setelah itu beri jeda waktu sebelum mengonsumsi Makanan bercitarasa asam favorit Anda.