Waktu berbuka puasa seringkali menjadikan orang yang berpuasa menjadi 'kalap'. Rasanya makanan apapun ingin disantap setelah seharian berpuasa. Padahal, terlalu rakus saat berbuka tidak baik untuk kesehatan, lho. Apalagi jika Anda sembarangan memilih menu berbuka. Ternyata ada beberapa macam makanan dan minuman yang kurang baik jika dijadikan menu berbuka. Apa saja dan mengapa ya?

Minuman bersoda
Jika tidak ingin malah jadi mual dan bahkan muntah, jangan pernah mencoba buka puasa dengan minuman bersoda. Sebab, minuman berkarbonasi ini bisa menimbulkan reaksi meningkatnya asam lambung. Apalagi ketika perut Anda belum terisi makanan setelah seharian berpuasa.

Makanan dan minuman tinggi gula
Berbuka puasa dengan makanan dan minuman yang manis memang dianjurkan, sebab kandungan gula bisa berubah menjadi energi dalam waktu relatif cepat. Tetapi jika kandungan gula dari makanan dan minumannya terlalu tinggi, malah bisa bearakibat buruk untuk kesehatan dan melonjaknya kadar gula darah. Lebih baik, berbuka dengan takjil manis secukupnya seperti kurma, teh manis, atau kolak, tetapi porsinya tidak berlebihan. Sedangkan makanan seperti cokelat atau permen sebaiknya tidak dikonsumsi saat berbuka puasa.

Gorengan
Berbuka dengan gorengan memang nikmat, tetapi ternyata sangat tidak sehat. Gorengan mengandung banyak lemak dan juga minyak di dalamnya. Hal ini menyebabkan perut cepat merasa kenyang, walaupun Anda hanya makan sedikit saja karena jenis makanan ini tergolong sulit dicerna. Ini tidak baik karena sebelumnya kondisi perut Anda sudah kosong dalam waktu yang lama dan membutuhkan nutrisi yang cukup untuk menggantinya.

Makanan dan minuman asam
Suatu makanan dan minuman yang asam memang tidak boleh dimakan dalam kondisi perut kosong. Bisa-bisa Anda langsung sakit perut! Hindari makanan yang asam seperti pempek, asinan, ataupun tomyam, juga minuma asam seperti lemonade. Anda boleh mengonsumsinya setelah mengisi perut dengan takjil dan makanan ringan lain. Setelah itu beri jeda waktu sebelum mengonsumsi Makanan bercitarasa asam favorit Anda.

ARTIKELTERKAIT

Tempo Scan Home Delivery, Penuhi Kebutuhan Belanja Produk Tempo Scan Group #diRumahAja
20-May-2020

Tempo Scan Home Delivery, Penuhi Kebutuhan Belanja Produk Tempo Scan Group #diRumahAja

Pandemi COVID-19 telah memaksa kita semua untuk menjaga jarak dan melakukan berbagai aktivitas #dirumahaja. Namun,hal ini tidak berarti membuat Anda .... read more
Praktis, Ini Obat Pereda Sakit Kepala dan Demam Tinggi Saat #dirumahaja
13-May-2020

Praktis, Ini Obat Pereda Sakit Kepala dan Demam Tinggi Saat #dirumahaja

Oleh karena itu, jika sakit kepala mulai melanda akibat stress saat berada di rumah, ini dia solusi untuk meringankan rasa .... read more
Cara Seru Mencegah Penularan Covid-19 dan Mengurangi Rasa Panik saat Pandemi
09-May-2020

Cara Seru Mencegah Penularan Covid-19 dan Mengurangi Rasa Panik saat Pandemi

Namun, ternyata masih ada cara seru mencegah penularan covid-19 dan mengurangi rasa panik yang bisa Anda lakukan meski #dirumahaja, lho. .... read more