Gaya Hidup Sehat yang Bisa Bantu Menghilangkan Sakit Kepala

Gaya Hidup Sehat yang Bisa Bantu Menghilangkan Sakit Kepala

Sakit kepala bisa diminimalisir dengan gaya hidup yang sehat. Seorang Dokter Spesialis Saraf sekaligus Director of the Headache Division di NYU Langone Health, Lawrence Newman  mengungkapkan, bahwa kunci pengobatan alami dari sakit kepala adalah menerapkan SEEDS: sleep, eating, exercise, drinking, dan stress reduction. Berikut penjelasannya.

Sleep

Selama ini Anda mungkin sudah sering mendengar bahwa sangat penting untuk memiliki waktu tidur yang cukup. Waktu tidur yang dianjurkan untuk orang dewasa berkisar sekitar 7-8 jam dan hal ini harus diterapkan secara konsisten Tidur terlalu banyak atau terlalu sedikit dapat menyebabkan sakit kepala.Jika Anda belum bisa mewujudkan durasi tidur yang ideal karena berbagai alasan, mulailah dari menciptakan rutinitas tidur. Artinya, cobalah tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya, termasuk menghindari bangun lebih siang di akhir pekan atau ketika berlibur. Cara ini akan membantu Anda mengatasi sakit kepala.

Eating

Berhentilah melupakan sarapan, sebab makan pagi adalah waktu makan paling penting yang bisa memberi Anda energi untuk memulai hari. Makan 3x sehari sangat penting, namun berhentilah ketika matahari terbenam (sekitar pukul 19.00). Sebab, waktu makan yang terlalu dekat dengan waktu tidur dapat menyebabkan sulit tidur pada sebagian orang. Jika memang Anda terpaksa makan terlambat atau kurang dari tiga kali, coba untuk mengonsumsi camilan sehat seperti kacang almond dan kismis.

Exercise

Berolahraga dapat membantu mencegah dan meredakan sakit kepala karena saat berolahraga, tubuh melepaskan endorfin, yang merupakan pembunuh rasa sakit alami. Mulai dengan rutin berolahraga setidaknya 150 menit olahraga intensitas sedang selama seminggu. Anda bisa mencobajalan kaki, berenang, bersepeda, atau jogging.

Drinking

Dehidrasi memang dapat menjadi faktor penyebab sakit kepala. rata-rata orang, membutuhkan 8 gelas air putih setiap harinya untuk mencukupi kebutuhan air harian. Namun, jumlah ini bisa meningkat ketika cuaca panas, melakukan aktivitas yang menimbulkan banyak keringat, ataupun sedang mengonsumsi obat-obatan. Konsumsi air putih di pagi hari setelah bangun tidur salah satu yang sangat penting karena seanjanng malam besar kemungkinan Anda tidak minum sama sekali dan akhirnya bangun dalam keadaan dehidrasi. Mulailah hari dengan minum segelas air putih untuk meminimalisir kemungkinan sakit kepala di pagi hari.

Stress reduction

Tekanan bisa datang dari mana saja setiap harinya. Pekerjaan, masalah di rumah, hubungan, dan lainnya. Meski masalah adalah hal yang ‘biasa’ namun respon setiap orang ketika menghadapi maslaah bisa berbeda-beda. Bahayanya, pada sebagian orang masalah dapat menimbulkan rasa stres berlebih dan hal ini pada akhirnya bisa memicu sakit kepala. solusinya, Anda harus bisa menemukan cara untuk mereduksi stres. Mulai dari bermeditasi, bercerita pada orang terdekat, hingga meminta bantuan profesional seperti psikolog—jika dibutuhkan. Tangani stres hingga tuntas sehingga tidak sampai memengaruhi kesehatan Anda.

Mengubah gaya hiup menjadi lebih sehat dan positif memang perlu dilakukan untuk mendapatkan tubuh dan jiwa yang sehat. Dengan demikian angguan kesehatan seperti sakit kepala bisa diminimalisir. Namun, tidak ada salahnya berjaga-jaga dengan selalu sedia obat sakit kepala herbal yang memiliki kandungan bahan alami seperti kandungan Fevervew (anti inflamasi),  Willow Bark (analgesik dan antioksidan), dan Guarana (pereda nyeri) yang diproses menggunakan teknologi modern serta dikemas secara praktis. Namun, dengan banyaknya pilihan obat sakit kepala, jangan sampai salah pilih, ya!

Sumber: www.goodhousekeeping.com