Gaya Hidup Ini Jadi Penyebab Sakit Kepala

Gaya Hidup Ini Jadi Penyebab Sakit Kepala

Meski menjadi salah satu keluhan kesehatan yang sangat wajar terjadi, namun biasanya gejala sakit kepala akan lebih sering oleh mereka yang tidak menerapkan pola hidup sehat. Bahkan, tak jarang juga keluhannya bisa sangat mengganggu dan menghambat aktivitas sehari-hari. Melansir dari The Spine and Sport Center, keluhan sakit kepala dapat berasal akibat gaya hidup yang tidak sehat, seperti:

1. Kebiasaan tidur

Jadwal tidur yang tidak teratur dapat membuat tahapan deep sleep dan rapid eye movement (REM) atau tidur bermimpi seseorang menjadi terganggu. Kondisi ini pada akhirnya membuat kualitas tidurnya juga menurun (gelisah dan kurang nyenyak), sehingga menyebabkan seseorang mengalami sakit kepala keesokan paginya.

2. Pola makan

Keluhan sakit kepala juga bisa terjadi akibat pola makan yang buruk, terutama jika kamu termasuk seseorang yang seringkali melewatkan waktu makan dan mengonsumsi makanan yang kurang bernutrisi. Beberapa makanan yang mungkin menyebabkan sakit kepala diantaranya adalah cokelat, makanan asin dan gurih, makanan atau minuman dingin, hingga daging olahan yang banyak mengandung pengawet.

3. Jarang berolahraga karena terlalu sibuk

Banyaknya pekerjaan di kantor dan rutinitas harian yang cukup padat membuat kita memiliki waktu yang sangat terbatas, sehingga sangat sulit rasanya untuk berolahraga. Jangankan untuk berolahraga, bahkan tak jarang juga waktu istirahat akan terganggu setiap malamnya. Saat seseorang jarang bahkan tidak pernah berolahraga, maka dapat membuat peredaran darah menjadi terhambat. Hal inilah yang membuat tubuh tidak mendapatkan asupan oksigen yang cukup, sehingga tubuh mudah merasa lelah, pegal, hingga gangguan sakit kepala yang berulang.

4. Kebiasaan mengonsumsi alkohol dan merokok

Alkohol dan penggunaan tembakau adalah pemicu umum keluhan sakit kepala yang dialami banyak orang. Hal ini terjadi karena anggur merah dan tembakau mengandung tanin yang tinggi. Kandungan inilah yang dapat memicu perubahan level bahan kimia dalam otak yang akhirnya menyebabkan sakit kepala. Agar keluhan sakit kepala tak datang kembali, sebaiknya segera hindari kebiasaan yang satu ini, ya.

5. Postur tubuh

Postur tubuh yang tidak tepat juga dapat memicu seseorang mengalami sakit kepala. Hal ini biasanya terjadi akibat banyak menghabiskan waktu dengan duduk saat bekerja atau sering menatap ponsel. Posisi ini menyebabkan tulang belakang dan leher menjadi tegang. Jika kebiasaan ini dilakukan tanpa istirahat yang cukup, tentu akan membuat mata terasa lelah dan tegang, sehingga menyebabkan sakit kepala karena tubuh bekerja lebih keras untuk melihat dengan baik. Jika kamu sering menggunakan layar computer atau ponsel, coba kurangi kecerahan pada layar dan pastikan ruang kerja mendapat penerangan yang cukup dari sumber lain. Selain itu, istirahatkan mata dengan menjauhkan dari dari layar dan menutupnya sejenak.

Selain gaya hidup, kondisi sakit kepala juga bisa terjadi karena kelelahan yang berlebihan akibat kemacetan jalanan dan juga beberapa hal berikut ini.

  1. Badan yang kelelahan dan perut dalam kondisi kosong.
  2. Suara klakson yang bising, lampu jalanan dan kendaraan yang menyilaukan, dan padatnya jalanan.
  3. Kurang istirahat.
  4. Udara yang pengap dalam angkutan umum.
  5. Aroma pewangi mobil atau parfum yang terlalu menyengat di dalam transportasi umum.

Nah, dari beberapa hal di atas, mana yang kira-kira menjadi pemicu gejala sakit kepala yang sering Anda alami? Selain dengan mengistirahatkan diri dari berbagai rutinitas harian melalui tidur yang cukup, berolahraga, hingga meluangkan waktu untuk me time, hal lain yang bisa dilakukan untuk meredakan sakit kepala adalah dengan minum obat pereda sakit kepala yang cepat redakan keluhan sakit kepala yang dapat dikonsumsi sebelum makan tanpa menyebabkan rasa mengantuk, sehingga Anda bisa kembali beraktivitas dengan lebih nyaman.

Bila perlu, sediakan selalu obat sakit kepala di dalam tas, ya! Dengan begini, sakit kepala bisa diatasi dengan segera, deh!

Artikel Lainnya: Cara Meredakan Sakit Kepala Saat Mengendarai Mobil