Cara Meredakan Sakit Kepala Saat Mengendarai Mobil

Cara Meredakan Sakit Kepala Saat Mengendarai Mobil

Saat sakit kepala melanda, kita pasti ingin keluhannya segera mereda bahkan menghilang dalam hitungan menit saja. Pasalnya, rasa nyeri di kepala ini akan terasa sangat mengganggu aktivitas. Bisa terjadi kapan saja, keluhan sakit kepala juga tak jarang dialami oleh seseorang yang sedang mengendarai mobil. Bukan tanpa sebab, kondisi ini biasanya muncul akibat beberapa faktor, seperti:

  1. Perut dalam keadaan kosong akibat telat makan, sehingga kadar gula dalam darah menurun dan menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Jika hal ini terjadi, maka dapat menghambat pasokan oksigen ke otak yang akhirnya memicu sakit kepala.
  2. Berkendara sambil bermain gadget yang membuat mata jadi kelelahan akibat terus-menerus menatap layar dalam kondisi yang tidak stabil di jalan.
  3. Sinar matahari yang terlalu tajam dan lampu dari kendaraan lain yang membuat mata menjadi lebih sensitif terhadap cahaya dan pada akhirnya bisa menyebabkan sakit kepala.
  4. Aroma pewangi mobil yang terlalu menyengat dapat memicu rasa mual dan sakit kepala. Sebab pada dasarnya hidung membutuhkan udara segar alami yang umumnya tidak berbau, sehingga ketika hidung terlalu lama mencium aroma tertentu dapat mengganggu sistem saraf dan aliran darah.
  5. Kurang tidur dan rasa lelah berlebihan setelah beraktivitas, apalagi jika kamu juga melewatkan waktu makan akibat pekerjaan yang cukup padat bisa menyebabkan sakit kepala saat berkendara.

Cara meredakan sakit kepala saat berkendara

Agar tetap waspada, berikut ini beberapa cara meredakan sakit kepala yang mungkin kamu alami saat mengendarai mobil di jalan raya.

1. Menepi dan istirahat

Jika dirasa keluhan sakit kepalanya cukup mengganggu dan membuatmu tidak dapat melanjutkan perjalanan dengan nyaman (apalagi jika kondisi jalanan cukup ramai), maka sebaiknya segera menepi atau mencari tempat yang cukup kondusif untuk beristirahat, misalnya pom bensin, mushola/masjid, restoran, minimarket atau hanya sekadar berhenti di pinggir jalan yang cukup aman. Manfaatkan waktu untuk minum air mineral dan istirahat sejenak.

2. Mengonsumsi makanan bergizi

Pada sebagian kasus, keluhan sakit kepala juga dapat terjadi akibat seringkali melewatkan waktu makan. Biasanya hal ini banyak dialami oleh orang-orang yang memiliki pekerjaan cukup berat dan menyita banyak waktu. Oleh karena itu, coba ingat-ingat lagi kapan terakhir kali kamu makan. Saat menepi untuk istirahat sejenak akibat serangan sakit kepala, segera penuhi kebutuhan nutrisi tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi atau snack seperti roti untuk mencegah keluhan sakit kepala semakin parah.

3. Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Sakit kepala yang muncul saat mengendarai mobil juga bisa terjadi akibat dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu membawa persediaan air mineral di dalam mobil. Bila perlu, kamu juga bisa menyimpan air hangat dalam botol minum tahan panas untuk dibawa saat beraktivitas. 

4. Berikan pijatan ringan di kepala

Saat kamu harus menepi karena sakit kepala melanda, coba pijat atau beri tekanan di bagian pelipis dan tengkuk menggunakan jari tangan. Meski tidak langsung membuat sakit kepala hilang, namun cara yang satu ini bisa membuat keluhan terasa lebih ringan.

Selain beberapa cara di atas, kamu juga bisa mengatasi sakit kepala yang muncul saat mengendarai mobil dengan minum obat yang efektif meredakan rasa nyeri di bagian kepala. Mengingat bahwa kamu masih harus menyetir kendaraan, maka pastikan untuk memilih obat yang tidak menyebabkan ngantuk dan dapat dikonsumsi kapan saja, ya. Dengan begini, kamu bisa meredakan sakit kepala dan dapat melanjutkan perjalanan dengan lebih nyaman, deh.

Artikel Lainnya:  Penyebab Sakit Kepala Mencengkeram Saat Berolahraga