Fakta Migrain ini Akan Membuatmu Heran!

Fakta Migrain ini Akan Membuatmu Heran!

Jika sebelumnya kita pernah membahas tentang penyebab sakit kepala sebelah yang umum, kini kamu juga harus kenal dengan beberapa penyebab sakit kepala sebelah yang terbilang unik. Beberapa di antaranya, bisa membuatmu mengangkat alis keheranan. Berikut ini contohnya :

1. Perubahan tekanan udara
Tekanan udara yang berubah, misalnya ketika kita naik pesawat atau terjadi perubahan suhu udara, bisa mengakibatkan peningkatan produksi hormon serotonin pada otak. Hal ini bisa menyebabkan sakit kepala.

2. Coklat dan keju
Jika kamu terserang migrain setelah makan, coba perhatikan kembali apa saja yang telah kamu konsumsi. Beberapa jenis keju dan makanan lain yang diproses dengan cara fermentasi mengandung zat kimia tyramine yang bisa memicu sakit kepala sebelah. Penderita yang sensitif terhadap zat tyramine ini mengalami perubahan ukuran pembuluh darah yang tidak stabil : membesar atau menyempit dan inilah yang terasa sakit “nyut-nyutan”.

3. Es krim
Pernah dengar istilah brain freeze? Makanan dingin seperti es krim bisa menyebabkan sakit kepala mendadak. Diperkirakan ini terjadi karena  suhu makanan yang dingin mempengaruhi pembuluh darah dan menstimulasi saraf yang sensitif pada area mulut bagian atas.

4. Kilat dan petir
Sebuah studi tahun 2012 menemukan kasus migrain yang meningkat setelah ada petir yang menyambar dekat rumahnya. Para ilmuwan mencurigai ini ada kaitannya dengan perubahan muatan listrik di udara dan lingkungan sekitar yang mengganggu gelombang listrik otak.

5. Sinar lampu
Pernahkah kamu berpapasan dengan kendaraan yang memasang lampu yang terlalu menyilaukan? Terangnya lampu yang berjenis High Intensity Discharge (HID) ini bukan hanya bikin mata sakit, tetapi bisa juga memicu sakit kepala sebelah yang sangat membandel.