Cara Membedakan Gejala Flu & Pilek dan Cara Menyembuhkannya

Cara Membedakan Gejala Flu & Pilek dan Cara Menyembuhkannya

Sering dikira serupa, namun nyatanya flu dan pilek adalah dua hal yang berbeda. Perbedaannya bisa diketahui dengan mengenali gejalanya. Simak sederet perbedaan gejala flu dan pilek, lalu gunakan untuk mengidentifikasi keluhan yang Anda alami agar bisa menyembuhkannya dengan tepat!

Gejala Flu Pilek
Demam Sangat mungkin menyebabkan demam atau meriang pada kisaran 38-40°C dan bisa berlangsung selama beberapa hari Tidak selalu, bahkan jarang dialami oleh orang dewasa
Pusing sakit kepala Lazim terjadi Jarang terjadi
Nyeri otot Lazim terjadi, kadang sangat tidak nyaman sedikit
Kelelahan ekstrim Sering terjadi pada fase awal Sangat jarang
Hidung tersumbat atau meler Kadang Sering
Bersin Kadang Sering
Sakit tenggorokan Kadang Sering
Tipe batuk Lebih sering mengalami batuk kering Lebih sering mengalami batuk berdahak
Keparahan batuk Sedang Umumnya lebih ringan
Durasi batuk Batuk umumnya terjadi selama 7-14 hari hingga sembuh. Batuk sembuh lebih cepat dalam waktu seminggu
Masa penularan 1-2 hari sebelum gejala muncul 5-10 hari setelahnya Biasanya 4-7 hari setelah gejala muncul; bisa lebih lama

Untungnya, karena gejalanya yang serupa, flu dan pilek dapat ditangani dengan cara yang serupa pula. Cukup konsumsi bodrex Flu dan Batuk yang sesuai dengan keluhan Anda. Jika Flu disertai Batuk berdahak, Anda bisa minum obat yang mengandung kombinasi paracetamol, phenylephrine, guaifenesin dan bromhexine yang bekerja sebagai analgesik-antipiretik (pereda nyeri dan penurun panas), dekongestan (pelega hidung),  mukolitik (pengencer dahak), dan ekspektoran (pengeluaran dahak). Efektif mengeluarkan dahak dan mengatasi rasa gatal di tenggorokan.

Sedangkan jika Anda menderita Flu disertai Batuk tidak berdahak, pilih obat yang mengandung formula paracetamol, phenylephrine, dextromethorphan, bekerja sinergis untuk meredakan gejala Flu seperti demam, hidung tersumbat dan bersin-bersin sekaligus mengatasi Batuk tidak berdahak, kering dan terasa serak di tenggorokan.