Cara Cepat Cegah Pusing Akibat Jet Lag

Cara Cepat Cegah Pusing Akibat Jet Lag

Waktu penerbangan yang panjang seringkali menyebabkan Anda mengalami jet lag ketika sampai di tempat tujuan. Padahal, Anda mungkin tak punya banyak waktu untuk beradaptasi dan harus segera beraktivitas. Oleh karena itu, mencegah jet lag lebih baik dan juga mudah ketimbang mengatasinya. Sebelum melakukan penerbangan, cobalah ikut tip di bawah ini.

Sesuaikan jam pribadi
Empat hari sebelum keberangkatan cobalah geser jam makan dan tidur Anda sedikit demi sedikit hingga mendekati waktu aktual tempat tujuan Anda. Sehingga ketika Anda tiba di tempat tujuan nanti, Anda bisa langsung menyesuaikan diri dengan jam berkegiatan di tempat tujuan.

Pilih penerbangan malam
Jika mengambil jadwal penerbangan malam, Anda akan makan dan tidur di waktu yang hampir sama dengan jam normal Anda. Jika penerbangan Anda panjang, kemungkinan Anda akan tiba saat pagi atau siang hari sehingga lebih mudah menyesuaikan diri dengan jadwal normal Anda.

Tidur saat penerbangan
Penerbangan panjang memang sangat melelahkan. Semakin banyak istirahat tubuh Anda dalam perjalanan semakin siap Anda akan menghadapi tekanan jet lag. Jika Anda melalui penerbangan yang sangat panjang misalnya dari Asia ke Amerika dan punya budget cukup, usahakan pergi dengan penerbangan kelas satu, karena tempat duduk yang nyaman akan memudahkan Anda terlelap saat perjalanan. Jika tidak bisa, pilih tempat duduk dekat jendela dan bawa cukup bantalan untuk menahan diri Anda dari dinding pesawat.

Minum obat sakit kepala
Jika Anda sudah melakukan semua upaya di atas, namun Anda tetap mengalami jet lag, maka berhati-hatilah. Bisa jadi sakit kepala mencengkram akan mengiringi jet lag yang Anda alami. Sakit kepala mencengkram ditandai dengan rasa sakit di bagian kepala belakang dan bagian kepala depan. Sakit kepala yang lebih sering menyerang wanita ini terjadi lantaran otot pada bagian belakang leher menegang.