Bolehkah Kita Refleksi Saat Sedang Sakit Kepala Sebelah?

Bolehkah Kita Refleksi Saat Sedang Sakit Kepala Sebelah?

Siapa yang pernah menjajal pijatan refleksiologi? Atau mungkin Anda sudah menjadi penggemar metode terapi satu ini dan rutin melakukannya? Refleksiologi atau dikenal juga dengan pijat refleksi memang cukup membantu meredakan berbagai masalah yang dialami tubuh seperti kelelahan misalnya. Namun, benarkah Teknik pijat satu ini juga bisa meredakan sakit kepala sebelah? Bolehkah kita refleksi saat sedang sakit kepala sebelah? Cari tahu jawabannya berikut ini!

Pijat adalah istilah umum yang meliputi kegiatan menekan atau menggosok area kulit, otot, tendon, dan ligamen Anda. Kegiatan atau teknik ini kerap dijadikan sebagai cara alternatif untuk mengobati kondisi medis tertentu, seperti cedera olahraga, stres, gangguan kecemasan, nyeri sendi dan otot, hingga sakit kepala. Pijatan sering dikaitkan dengan metode penyembuhan sakit kepala tegang dan sakit kepala migrain.

Dilansir dari American Massage Therapy Association, sebuah studi mengenai terapi pijat dan migrain menemukan, penderita migrain yang menerima pijat selama 30 menit lima kali dalam seminggu, ternyata melaporkan adanya penurunan frekuensi serangan migrain dibandingkan mereka yang tidak mendapat pijatan. Detak jantung, tingkat kecemasan, dan kadar kortisol juga menurun di akhir setiap sesi pijat.

Menurut The Mayo Clinic, pijat refleksi atau tekanan yang dilakukan di area kaki umumnya bisa membantu mengurangi stres dan mengurangi ketegangan. Secara teori, area kaki berhubungan dengan organ dan sistem tubuh. Jadi kabar baiknya, refleksi benar-benar dapat meredakan sakit kepala dan boleh dilakukan ketika Anda sedang mengalami sakit kepala sebelah. Namun perlu digarisbawahi, Anda perlu melakukan refleksi dengan terapis yang tepat dan terpercaya. Selain itu, cobalah untuk memijat bagian yang spesifik jika untuk meredakan keluhan sakit kepala sebelah.

Baca Juga : Sakit Kepala Sebelah Kiri

Titik refleksi yang pertama berada di bagian atas atau punggung kaki. Tepatnya adalah bagian antara jari jempol kaki dan telunjuk kaki kemudian pijat titik tersebut selama beberapa menit.

Titik berikutnya berada di antara jari kelingking dan jari manis kaki, lakukan pijatan selama beberapa menit. Melakukan pijatan pada kedua titik tersebut dapat membantu meredakan sakit kepala sebelah maupun nyeri haid.

Kesimpulannya, pijat refleksi boleh dilakukan saat kita mengalami sakit kepala sebelah, Anda tentu penasaran dan ingin membuktikannya sendiri bukan? Namun, apabila sakit kepala sebelah yang Anda rasakan tak kunjung reda, segera gunakan obat pereda sakit kepala sebelah ya!

sakit-kepala-sebelah-bodrex-migra