Benarkah Olahraga Rutin Selama 30 Menit Dapat Mengatasi Sakit Kepala Mencengkeram

Benarkah Olahraga Rutin Selama 30 Menit Dapat Mengatasi Sakit Kepala Mencengkeram

Saat sakit kepala melanda, kebanyakan orang akan menghindari aktivitas fisik seperti olahraga karena takut keluhannya akan semakin parah. Namun, tahukah Anda bahwa dengan rutin berolahraga setiap harinya justru bisa mengurangi keluhan sakit kepala yang seringkali Anda alami, loh!

Alasan olahraga dapat mengatasi sakit kepala mencengkeram

Melansir dari laman situs Everyday Health, sebuah penelitian menemukan bahwa olahraga dapat menurunkan frekuensi sakit kepala. Sebab, secara tak langsung olahraga dapat mengurangi stres yang merupakan salah satu pemicu sakit kepala, sekaligus meningkatkan kebugaran kesehatan jantung kita. 

Jika Anda tergolong pemula dalam berolahraga, sebaiknya lakukan secara bertahap mulai dari yang paling ringan. Sebab meningkatkan intensitas latihan terlalu cepat justru bisa memicu sakit kepala semakin parah. Oleh karena itu, sebaiknya pertahankan agar detak jantung tidak melebihi 150 denyut per menit (bpm) dan jangan sampai merasa sesak napas yang merupakan pertanda denyut jantung terlalu cepat. Lakukan kebiasaan sehat ini secara konsisten, sehingga sakit kepala perlahan mereda bahkan hilang sama sekali dan tidak kembali lagi.

Beberapa jenis olahraga yang dianjurkan adalah berenang, bersepeda, aerobik, hingga gerakan olahraga ringan berikut ini.

1. Olahraga mata

Caranya adalah dengan duduk dan memejamkan kedua mata sambil mengatur pernafasan selama satu menit. Sementara itu, gosokkan kedua telapak tangan sampai terasa hangat kemudian letakkan kedua telapak tangan di atas kelopak mata kanan dan kiri, dan lakukan sebanyak tiga kali. Sensasi hangat yang muncul dari telapak tangan dipercaya bisa memberikan rasa nyaman pada mata dan mengurangi nyeri di kepala.

2. Melakukan gerakan peregangan dengan fokus pada leher dan kepala

Caranya adalah dengan duduk nyaman dan pastikan punggung dan leher berada pada posisi tegak. Selanjutnya, letakkan tangan kiri di sisi kanan kepala dan perlahan miringkan kepala ke kiri. Tahan posisi ini selama beberapa detik dan ulangi beberapa kali hingga sakit kepala mereda.

3. Melakukan gerakan yoga

Awali dengan ambil posisi tidur dan menyandarkan kaki di dinding dengan kedua lengan direntangkan. Konon, posisi ini bisa meregangkan otot leher dan menghilangkan sakit kepala. Selain itu, lakukan juga gerakan mencium kedua lutut. Pertama-tama, berdiri dengan kaki terbuka selebar pinggul, lalu bungkukkan badan ke depan dan usahakan untuk mencium lutut. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pastikan bahwa kepala dan leher dalam keadaan rileks saat melakukannya.

Tips melakukan olahraga untuk meredakan sakit kepala

Agar dapat merasakan manfaat olahraga dengan optimal, simak beberapa tipsnya berikut ini.

  1. Berolahraga secara teratur setidaknya tiga kali seminggu. Pertahankan denyut jantung konstan lebih dari 100 denyut per menit selama setidaknya 10 hingga 15 menit selama setiap sesi.
  2. Usahakan untuk berolahraga di pagi hari atau setidaknya sudah mendapatkan istirahat yang cukup sebelum berolahraga.
  3. Hindari olahraga berdampak tinggi selama sakit kepala, seperti berlari atau kickboxing karena kemungkinan akan dapat menimbulkan atau bahkan memperburuk rasa sakit. Olahraga yang intensif juga akan menyebabkan Anda berkeringat, yang menyebabkan dehidrasi sehingga dapat memperburuk sakit kepala juga.

Selain melakukan olahraga secara rutin, atasi juga keluhan sakit kepala mencengkeram dengan menerapkan pola makan yang sehat, istirahat yang cukup, dan juga minum obat sakit kepala yang efektif meredakan rasa nyeri di kepala tanpa menimbulkan rasa ngantuk, sehingga rutinitas harian tidak terganggu. Bila perlu, bawa selalu obat sakit kepala ini dalam tas, sehingga Anda bisa meminumnya kapan saja dan di mana saja saat keluhan sakit kepala melanda.