Bebas Sakit Kepala Setelah Pesta Tahun Baru

Bebas Sakit Kepala Setelah Pesta Tahun Baru

Tahun baru terasa kurang seru tanpa melewatinya sambil begadang menunggu pergantian waktu, baik bersama keluarga atau teman-teman. Sayangnya keseruan pesta tahun baru juga seringkali dibayangi dengan gejala-gejala penyakit ringan seperti; masuk angin hingga sakit kepala.

Untuk keluhan sakit kepala yang disebabkan akibat begadang, berbeda dengan sakit kepala biasa. Gejala pusing yang sering dikeluhkan setelah begadang bisa diiringi oleh jantung berdebar, mual, dan keluhan kepala terasa melayang. Hal ini diakibatkan oleh hormon kortisol yang terganggu ketika Anda tidak tidur atau istirahat secara cukup. Hormon Kortisol memainkan peranan penting dalam mengatur tekanan darah dan metabolisme. Karenanya sebelum begadang untuk merayakan pesta malam tahun baru, ada baiknya kamu mengikuti beberapa tips berikut:

Tips #1 : Tidur yang Cukup

Mengingat kamu akan begadang sepanjang malam, ada sebaiknya persiapkan waktu tidur yang cukup terlebih dahulu 1 hingga 3 jam di waktu senggang, sebelum waktu begadang tiba. Hal ini dilakukan agar tubuh tidak merasa lelah saat terjaga sepanjang malam.

Tips #2 : Cukupi Asupan Makanan dan Minuman

Walaupun saat malam tahun baru kamu akan makan-makan, bukan berarti kamu harus membiarkan perut tetap kosong hingga waktu pesta tiba. Sebaiknya kamu tetap jangan melewatkan sarapan, makan siang dan makan malam. Makanlah buah-buahan dan sayuran, serta perbanyak meminum air putih sebagai detox.

Tips #3 : Hindari Minuman Beralkohol

Alkohol memang dapat membantu kamu tertidur, tapi sekaligus dapat menyebabkan gangguan yang merusak kualitas tidur Anda. Akibatnya kamu akan mengalami sulit tidur di pagi harinya, bahkan dapat mengakibatkan insomnia di waktu tidur pada malam selanjutnya. Jadi, hindari atau minimalisasi konsumsi minuman beralkohol saat pesta tahun baru.

Tips #4 : Gunakan Pakaian Nyaman dan Hangat

Dinginnya angin malam kurang baik bagi kesehatan tubuh. Karena dapat menimbulkan gangguan persendian seperti nyeri sendi maupun rematik, atau dalam dunia medis dikenal dengan gout arthritis. Karenanya meskipun kamu mencoba tampil stylish namun pastikan baju Anda tetap bisa menghangatkan tubuh sewaktu begadang.

Tips #5 : Jaga Kesehatan

Siapkan diri dengan menjaga kesehatan, seperti tips-tips di atas, dan selalu siapkan obat-obatan pribadi. Jangan sampai momen kebersamaanmu dengan keluarga atau teman terganggu di malam yang spesial.