Batuk kering Tak Kunjung Sembuh, Hati-hati Risiko 4 Penyakit Berikut

Batuk kering Tak Kunjung Sembuh, Hati-hati Risiko 4 Penyakit Berikut

Batuk kering bukan hanya membuat kita tidak nyaman. Namun juga disebut sebagai salah satu gejala penyakit-penyakit berbahaya, salah satunya COVID-19. Jika batuk kering tak kunjung sembuh, hati-hati risiko 4 penyakit berikut!

COVID-19

Meskipun penderita COVID-19 dapat mengalami gejala berupa batuk kering maupun berdahak, namun dilansir dari laman kompas.com, Kepala Kelompok Staf Medik (KSM) Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Dr. dr. Yusup Subagio Sutanto, Sp.PK  batuk kering memang lebih berpotensi terjadi sebagai gejala Covid-19. Hanya saja untuk memastikannya, Anda harus melakukan pemeriksaan khusus terkait hal ini di tempat pelayanan kesehatan. Sementara itu, Anda bisa mencegah menyebarnya virus dengan selalu menggunakan masker ketika batuk.

Asma

Penderita penyakit asma juga mengalami batuk kering. Hal ini bisa bertambah buruk pada saat-saat tertentu misalnya, di malam hari, waktu bangun tidur, atau saat cuaca dingin. Batuk kering pada penderita asma disebabkan adanya pembengkakan atau penyempitan saluran pernapasan. 

GERD

GERD atau penyakit asam lambung ‘bocor’ hingga kembali ke kerongkongan juga bisa menjadi penyebab batuk kronis. Penderita bukan hanya akan terganggu karena masalah pencernaan, tetapi juga penapasan seperti sesak dan batuk.

Baca Juga: WFH Terganggu Akibat Flu dan Batuk Tidak Berdahak? Segera Lakukan Tips Ini di Rumah!

ISPA

Pilek dan flu yang tergolong Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) juga kerap menyebabkan batuk. Meskipun batuk yang terjadi seringkali berdahak, namun ketika sudah mulai sembuh, batuk yang dialami bisa berubah menjadi batuk kering.

Pneumotoraks

Selain kanker paru-paru, batuk kering terus menerus  juga bisa menandakan indikasi dari pneumotoraks, yakni kondisi saat paru-paru mendadak mengempis. Salah satu penyebabnya adalah cedera di bagian dada. Penyakit ini termasuk penyakit gawat darurat yang harus segera ditangani.

Fibriosis paru idiopatik

Jaringan paru yang muncul dan berkembang dalam paru-paru atau fibriosis paru idiopatik dapat menyebabkan batuk kering yang terus menerus. Dilansir dari sehatQ, penderitanya juga akan mengalami sejumlah gejala seperti sesak napas, kelelahan, beerkurangnya selera makan dan berat badan, serta menebalnyanya kuku tangan.

Jangan abaikan batuk kering, terutama apabila Anda sudah mengonsumsi obat batuk dan gejalanya tidak membaik. Sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk memastikan penyebab batuk kering yang Anda alami agar dapat diobati secara tepat!

Artikel Lainya: Banyak Disukai Orang, ini 3 Keunggulan Obat Herbal untuk Sakit Kepala