Bagaimana Menghilangkan Rasa Pusing di Kepala?

Bagaimana Menghilangkan Rasa Pusing di Kepala?

Pusing dan sakit kepala sering muncul di saat yang tak terduga. Dampaknya? Aktivitas langsung terganggu. Anda jadi tak bisa mengerjakan segala sesuatu dengan maksimal karena konsentrasi yang terganggu. Tenang saja, pusing dan sakit kepala adalah hal yang cukup umum dialami banyak orang, yang terpenting Anda tahu cara mengatasi pusing di kepala dengan cepat. Yuk, ikuti tips di bawah ini!

1.Istirahat sejenak

Istirahatkan mata Anda sejenak. Coba pejamkan mata dan jika memungkinkan tidurlah meski hanya beberapa menit saja. Penderita sakit kepala biasanya akan semakin pusing ketika melihat cahaya yang terlalu terang. Meskipun hal tersebut lebih sering dialami penderita sakit kepala sebelah, namun sakit kepala biasa juga bisa diperburuk oleh kondisi mata yang kelelahan. Misalnya jika Anda terlalu lama melihat ke layar komputer atau ponsel. Jadi istirahatkan dulu mata Anda.

2.Pijatan ringan

Berikan pijatan ringan di bagian leher dan juga pelipis. Aliran darah di sekitar leher dan kepala akan menjadi lancar sehingga ketegangan pun berkurang. Jika memungkinkan, Anda juga bisa mengompres bagian kepala dan leher dengan air hangat. Sakit kepala akan terasa lebih ringan.

3.Tenangkan diri

Stres dapat memicu dan memperburuk sakit kepala. Oleh karena itu beri waktu sejenak untuk diri Anda menenangkan diri. Tarik napas dalam-dalam lalu dengarkan lagu dengan irama menenangkan. Hindari lingkungan yang terlalu berisik untuk beberapa saat. Cara ini juga bisa membantu meredakan ketegangan.

4.Perhatikan makanan

Coba perhatikan asupan makanan Anda. Jika Anda mengonsumsi alkohol, maka hentikan. Jangan juga melewatkan jam makan. Cek tekanan darah darah Anda. Tekanan darah terlalu rendah atau terlalu tinggi akan menyebabkan sakit kepala. Konsultasikan ke dokter makanan apa yang sesuai untuk kondisi tubuh Anda.

5.Minum obat sakit kepala

Agar sakit kepala hilang dengan cepat, Anda bisa meredakannya dengan minum obat sakit kepala yang mengandung paracetamol sebagai analgesik yang mampu meredakan rasa sakit kepala.