Bagaimana Cara membedakan Pusing dan Sakit Kepala?

Bagaimana Cara membedakan Pusing dan Sakit Kepala?

Sering dianggap serupa, nyatanya pusing dan sakit kepala adalah dua hal yang berbeda. Lantas, adakah cara untuk membedakan keduanya? Ternyata, ada. Sebagai orang awam, Anda pun bisa mengetahui perbedaan dan persamaan pusing dan sakit kepala dengan mengenali ciri-ciri berikut ini!

Sensasi rasa sakit

Pusing dan sakit kepala memang berfokus di bagian yang sama, yaitu kepala. Pada gejala pusing, yang Anda rasakan adalah kehilangan keseimbangan, penglihatan mengabur, lemas, dan pada tahan yang lebih parah terjadi vertigo, kondisi dimana ruang atau lingkungan sekitar penderita tersa bergerak dan berputa.

Sedangkan sakit kepala ada rasa nyeri dan berdenyut pada kepala baik parsial ataupun seluruhnya. Sensasinya seperti dipukuli atau cengkeram dengan kuat, bahkan rasa nyeri bisa menjalar pada bagian-bagian lain di sekitarnya seperti mata dan leher.

Pemicu rasa sakit

Dilansir dari hellosehat.com, Sakit kepala primer biasanya disebabkan oleh aktivitas berlebihan, masalah pada struktur kepala yang sensitif terhadap nyeri, atau juga adanya perubahan aktivitas kimia pada otak. Selain itu ada pula sakit kepala sekunder yaitu kondisi dimana sakit kepala adalah efek yang terjadi karena adanya penyakit lain yang merangsang sakit kepala muncul. Sakit kepala primer  diantaranya tension headaches (kepala terasa nyeri seperti dicengkeram), migrain (sakit kepala sebelah), dan cluster headaches (sakit kepala parah yang biasanya terletak di sekitar satu area mata).

Berbeda dengan sakit kepala, pusing biasanya menyerang kepala secara keseluruhan—bukan parsial. Biasanya pusing terjadi karena ada kondisi yang memicunya seperti masalah telinga, anemia, tekanan darah rendah, kadar gula rendah, sirkulasi udara buruk, dan berbagai alasan lainnya.

Meski berbeda, pusing dan sakit kepala sangat mungkin terjadi bersamaan dan menyebabkan Anda berada dalam kondisi yang sangat tidak nyaman, hingga mengganggu aktivitas.

Cara Pengobatan

Mengingat gejalanya yang hampir serupa dan keduanya juga cukup lazim terjadi, ada baiknya jika Anda selalu siap untuk melakukan pertolongan pertama pada pusing sakit kepala. Caranya dengan siap sedia obat sakit kepala kemanapun Anda pergi. Salah satunya adalah obat sakit kepala yang memiliki kandungan bahan-bahan alami seperti Fevervew (anti inflamasi), Willow Bark (analgesik dan antioksidan), dan Guarana (pereda nyeri) yang diproses menggunakan teknologi modern dan dikemas secara praktis.