7 Makanan yang Menyebabkan Munculnya Sakit Kepala Mencengkeram

7 Makanan yang Menyebabkan Munculnya Sakit Kepala Mencengkeram

Selain stress berlebihan, hal lain yang juga dapat menyebabkan seseorang mengalami sakit kepala mencengkeram adalah pola makan yang tidak sehat. Beberapa makanan atau minuman tertentu dapat menjadi pemicu atau memperburuk sakit kepala jenis ini pada beberapa orang. Berikut adalah beberapa makanan yang bisa memicu sakit kepala mencengkeram pada sebagian individu:

1. Makanan dengan MSG (Monosodium Glutamat)

MSG adalah bahan tambahan makanan yang digunakan untuk meningkatkan rasa. Beberapa orang mengalami sakit kepala setelah mengonsumsi makanan yang mengandung MSG, seperti makanan cepat saji, makanan kalengan, atau saus tiram.

2. Makanan yang Mengandung Aspartam

Aspartam adalah pemanis buatan yang digunakan dalam minuman diet dan makanan rendah kalori. Beberapa orang melaporkan bahwa aspartam dapat memicu sakit kepala.

3. Makanan dengan Nitrat

Nitrat biasanya ditemukan dalam daging olahan, seperti sosis dan bacon, serta dalam beberapa makanan yang diawetkan seperti daging asap. Ini dapat menjadi pemicu sakit kepala pada beberapa orang.

4. Makanan dengan Tirosin

Tirosin adalah asam amino yang dapat ditemukan dalam makanan seperti keju, kacang-kacangan, dan cokelat. Beberapa orang yang memiliki sensitivitas terhadap tirosin bisa mengalami sakit kepala setelah mengonsumsi makanan yang mengandung zat ini.

5. Makanan Fermentasi

Makanan yang mengandung histamin dan mengalami fermentasi, seperti keju tua, anggur merah, dan beberapa jenis daging, dapat memicu sakit kepala pada orang yang sensitif terhadap histamin.

6. Makanan Pedas

Makanan yang sangat pedas dapat memicu sakit kepala pada beberapa orang karena dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah.

7. Makanan yang Mengandung Gluten

Beberapa orang yang memiliki intoleransi gluten atau penyakit celiac melaporkan adanya hubungan antara konsumsi gluten dan sakit kepala.

Meski beberapa jenis makanan di atas dianggap dapat menjadi pemicu sakit kepala mencengkeram, namun penting untuk diingat bahwa respons terhadap makanan bervariasi dari individu ke individu. Makanan yang memicu sakit kepala pada satu orang mungkin tidak berdampak pada orang lain.

Jika Anda mencurigai bahwa makanan tertentu memicu sakit kepala yang dialami, pertimbangkan untuk mencatat apa yang Anda makan dan kapan sakit kepala muncul untuk membantu mengidentifikasi pemicunya. Selain membatasi beberapa konsumsi di atas, lakukan juga beberapa hal berikut ini untuk meredakan keluhannya.

  1. Cobalah untuk istirahat dan tidur yang cukup. Tidur yang baik dapat membantu mengurangi sakit kepala.
  2. Memastikan tubuh terhidrasi dengan baik sepanjang hari, baik melalui konsumsi air mineral, buah-buahan serta makanan yang tinggi kadar airnya.
  3. Memberikan pijatan lembut di bagian leher, bahu, dan daerah yang tegang dapat membantu meredakan ketegangan otot.
  4. Melakukan metode kompres panas atau dingin di bagian leher atau daerah yang tegang, atau kompres dingin di dahi atau belakang kepala.
  5. Relaksasi dengan mencoba meditasi, pernapasan dalam, atau yoga untuk mengurangi stres dan ketegangan otot.
  6. Jika Anda bekerja di depan komputer, cobalah untuk berdiri, berjalan, atau merenggangkan tubuh secara teratur.
  7. Meredakan sakit kepala mencengkeram bagian atas dengan minum obat pereda nyeri yang mengandung parasetamol atau ibuprofen, tetapi gunakan dengan hati-hati dan sesuai petunjuk dokter.
  8. Merubah gaya hidup dan mengidentifikasi pemicu sakit kepala Anda, seperti stres atau kurang tidur, dan upayakan untuk mengatasi faktor-faktor ini.
  9. Mengonsultasikan pada dokter jika kondisinya semakin memburuk untuk evaluasi lebih lanjut dan meresepkan perawatan yang sesuai.

Artikel Lainnya: Sakit Kepala Migrain Terjadi Lebih dari Satu Minggu, Segera Lakukan Hal Ini!