5 Hal yang Bisa Memperburuk Sakit Kepala Belakang

5 Hal yang Bisa Memperburuk Sakit Kepala Belakang

Hal-hal yang sepele terkadang bisa membuat sakit kepala belakang yang Anda alami bertambah parah. Sebelum Anda melakukan langkah-langkah yang salah yang mengakibatkan sakit kepala mencengkeram tak tertahankan, ada baiknya untuk menghindari 5 hal berikut ini.

Paparan gadget

Mungkin Anda sudah sering mendengar tentang dampak buruk gadget tetapi masih saja mengabaikannya. Percayalah hal ini bukan mitos. Terlalu lama berkutat di depan layar komputer, tablet, atau smartphone Anda dapat membuat otot di sekitar mata, leher, bahu, dan punggung pegal. Akibat dari ketegangan otot ini, Anda sangat rentan mengalami sakit kepala mencengkeram. Sebisa mungkin batasi paparan gadget dalam keseharian Anda. Istirahatkan diri dari gadget terutama di saat menjelang waktu tidur.

Stres

Kesehatan mental dan fisik pada dasarnya saling terkait satu sama lain. Jika Anda stres maka bisa berdampak pada kondisi fisik Anda dan begitu pula sebaliknya. Oleh karena itu, usahakan utuk menghindari stres yang terlalu berlebihan baik dari pekerjaan ataupun kehidupan pribadi Anda. Cobalah menemukan keseimbangan hidup dengan melakukan hal-hal yang Anda sukai, menyempatkan diri berolahraga, dan memiliki lingkungan yang positif. Cara ini akan menghindarkan Anda dari stres yang bisa berdampak dengan timbulnya sakit kepala.

Gaya hidup tak sehat

Alkohol, rokok, dan kurang beristirahat juga dapat menyebabkan sakit kepala. Hentikan kebiasaan hidup tidak sehat semacam ini. Perbaiki asupan gizi Anda dan cukupkan kebutuhan istirahat Anda.

Melewatkan makan

Jangan lewatkan jam makan Anda, upayakan agar selalu bisa makan teratur. Gangguan pencernaan seperti maag bukan hanya menyebabkan ketidaknyamanan pada bagian perut dan mengganggu nafsu makan, tetapi juga mengakibatkan sakit kepala mencengkeram.Hal ini terjadi karena tubuh melepaskan hormon untuk melawan kadar glukosa yang rendah.

Perjalanan jauh

Perjalanan jauh juga merupakan salah satu hal yang bisa memperburuk sakit kepala. Selain karena tubuh Anda berada dalam kondisi lelah, guncangan yang terjadi di dalam kendaraan, juga pemandangan yang selalu bergerak bisa menyebabkan sakit kepala. Minimalisir risiko sakit kepala mencengkeram saat perjalanan jauh dengan mengambil waktu istirahat setiap beberapa jam ketika Anda melakukan road trip.

Sebagian sumber: https://kidshealth.org/en/teens/headaches.html