5 Aroma ini Dapat Membantu Menghilangkan Sakit Kepala

5 Aroma ini Dapat Membantu Menghilangkan Sakit Kepala

Di era yang semakin modern ini, pengobatan alami justru menjadi primadona. Sebagian orang lebih nyaman memilih pengobatan yang berasal dari alam. Pengobatan alami yang cukup populer adalah penggunaaan essential oil sebagai aroma therapy yang bisa membantu meredakan gejala penyakit, salah satunya keluhan sakit kepala. Dilansir dari Medical News Today sejumlah penelitian menunjukkan beberapa jenis essential oil mungkin memang memiliki manfaat untuk sakit kepala. Apa saja jenisnya?

1. Lavender

Lavender sering digunakan untuk membantu orang yang mengalami kesulitan tidur serta mengurangi stres, kecemasan, atau depresi. Banyak yang percaya bahwa aroma lavender dapat membantu meringankan sakit kepala dan migrain yang dipicu oleh stres. Sebuah studi di tahun 2012 yang dilakukan oleh Trusted Source menunjukkan bahwa menghirup aroma lavender dapat menjadi pengobatan yang aman dan efektif untuk mengelola sakit kepala.

2. Rosemary

Essential oil rosemary secara tradisional digunakan untuk mengobati sakit kepala. Ada beberapa penelitian yang secara khusus mendukung minyak rosemary sebagai pengobatan sakit kepala yang efektif. Salah satunya sebuah studi tahun 2008 yang dilakukan oleh Trusted Source menunjukkan bahwa rosemary memiliki sifat anti-inflamasi dan penghilang rasa sakit.

3. Peppermint

Minyak peppermint yang memiliki bahan aktif mentol, dapat meredakan sakit kepala tegang ketika dioleskan ke bagian yang nyeri. Peppermint telah digunakan dalam pengobatan alternatif selama ribuan tahun dan merupakan salah satu minyak essential paling populer untuk mengobati sakit kepala.

4. Chamomile

Orang-orang kerap minum teh chamomile untuk beristirahat dan melepas lelah. Chamomile  oil dipercaya memiliki efek serupa khususnya untuk mengobati sakit kepala akibat stres dan kecemasan, salah satunya karena chamomile memiliki sifat anti-inflamasi.

5. Ecalyptus

Eucalyptus aau lebih dikenal dengan sebutan minyak kayu putih, secara tradisional digunakan untuk membersihkan sinus dan mengurangi peradangan. Orang yang mengalami sakit kepala karena sinus yang tersumbat mungkin measaka bahwa menghirup kayu putih mengurangi gejalanya. Sebuah studi menemukan bahwa minyak kayu putih efektif untuk menghilangkan rasa sakit dan menurunkan tekanan darah ketika dihidu.

Tidak ada salahnya untuk ikut mencoba pengobatan alami menggunakan essential oil, meskipun mungkin tidak memberikan efek yang sama pada setiap orang, namun paling tidak bisa membantu Anda untuk meredakan ketegangan dan stres yang secara tak langsung dapat menyebabkan timbulnya sakit kepala.

Jika essential oil saja dirasa belum efektif, Anda juga bisa mengatasi sakit kepala dengan cara alami lainnya, yaitu minum obat sakit kepala herbal yang aman dan berkualitas untuk meredakan pusing sakit kepala akibat kurang tidur, terlambat makan, masuk angin, dan terpapar AC terus-menerus.