4 Penyebab Sakit Kepala Muncul Saat Perjalanan

4 Penyebab Sakit Kepala Muncul Saat Perjalanan

Tidak sedikit orang yang mengalami sakit kepala ketika berada dalam perjalanan. Padahal jarak yang ditempuh bisa saja tidak terlalu jauh. Namun ternyata beberapa kebiasaan Anda atau pemicu dari luar bisa menimbulkan sakit kepala. Ini 4 hal yang sering jadi Penyebab Sakit Kepala saat perjalanan.

Sinar matahari dan lampu kendaraan

Sinar matahari yang terlalu tajam (meskipun hanya masuk melalu sela-sela pepohonan) dan juga lampu dari kendaraan lain ternyata bisa menyebabkan sakit kepala. Mata yang sensitif terhadap cahaya atau terpapar terus-menerus dalam waktu lama, sangat mudah mengalaminya. Jika Anda berkendara di siang hari, gunakan sunglasses. Jika Anda mengemudi di malam hari kacamata berwarna kuning atau biru di malam hari sangat membantu mengurangi silau.

Perjalanan ke pegunungan

Pernah bepergian ke daerah pegunungan? Jangan kaget jika mendadak kepala Anda terasa sakit. Perubahan ketinggian disinyalir dapat mengakibatkan migrain. Selain itu bentuk jalanan sekitar pegunungan yang berliku-liku juga bisa menambah potensi munculnya sakit kepala. Jika Anda mengemudi kendaraan sendiri, usahakan untuk berhenti setiap beberapa waktu untuk menghirup udara segar. Namun jika posisi Anda sebagai penumpang, usahakan untuk tidur atau menutup mata selama melewati pegunungan.

Aktivitas gadget

Menggunakan gadget untuk main games, membaca, nonton, atau bekerja bisa jadi solusi yang tepat bagia sebagian orang untuk mengisi waktu selama dalam perjalanan. Namun di sisi lain, banyak pula orang-orang yang justru malah menjadi sakit kepala. Hal ini dikarenakan mata merasa kelelahan terus-menerus menatap gadget dalam kondisi yang tidak stabil (bergoyang-goyang). Keadaan ini disebut juga motion sickness. Jadi jangan heran kalau setelah menggunakan gadget di perjalanan, kepala Anda terasa sakit.

Postur tubuh salah

Di dalam kendaraan terkadang posisi duduk Anda kurang nyaman. Misalnya saja tertidur dengan posisi leher menekuk hingga akhirnya terasa nyeri. Berawal dari postur tubuh yang salah, ternyata bisa merambat menjadi sakit kepala yang berdenyut-denyut. Coba posisikan tubuh senyaman mungkin dengan membawa barang pendukung seperti travel pillow.

Jika sakit kepala menyerang dalam perjalanan, segera konsumsi obat sakit kepala yang mengandung paracetamol sebagai analgesik yang mampu meredakan rasa sakit kepala. Selamat mencoba!