4 Alasan Flu dan Batuk Anda Tidak Kunjung Sembuh

4 Alasan Flu dan Batuk Anda Tidak Kunjung Sembuh

Flu dan batuk seringnya hanya dianggap sebagai penyakit ringan. Namun kalau diabaikan, flu dan batuk bisa tak kunjung sembuh dan akhirnya mengganggu aktivitas Anda. Mungkin ada yang ‘salah’ dengan cara Anda menangani flu dan batuk. Coba cek dulu 4 alasan flu dan batuk tak kunjung sembuh, adakah yang Anda lakukan?

Alasan #1 Tidak Cukup Minum Cairan

Ketika Anda terserang flu dan batuk, Anda perlu minum banyak cairan. Air, jus, dan sup dapat membantu melonggarkan lendir di saluran udara sehingga Anda bisa mengeluarkan dahak lewat batuk. Meski demikian banyak orang yang justru selera makan dan minumnya berkurang signifikan saat sedang flu dan batuk. Akibatnya, kebutuhan cairan tubuh justru tidak tercukupi. Pastikan Anda tidak mengalami dehidrasi. Meski mungkin sedikit tak nyaman, paksakan untuk mencukupi kebutuhan makan (yang berkuah) dan minum selama sakit.

Alsan #2 Stres

Stres, terutama saat kronis, dapat membuat flu dan batuk bertahan lebih lama. Memang stres saat sakit sangat sulit dihindari. Misalnya saja ketika Anda teringat deadline pekerjaan. Namun berusahalah sedikit rileks dan fokus terhadap penyembuhan dulu. Memaksakan diri Anda terlalu keras hanya akan membuat Anda lebih sakit. Salah satu cara untuk rileks adalah lebih banyak istirahat: selama sakit, cobalah untuk tidur selama 7-8 jam setiap malam.

Alasan #3 Udara Terlalu Kering atau Terlalu Lembap

Udara kering dan dingin, seperti dalam ruangan ber-AC misalnya, dapat mengiritasi saluran pernapasan dan menyebabkan batuk. Di sisi lain, memanaskan humidifier (pelembap ruangan) terlalu tinggi juga tidak membantu. Udara kering dan lembap bisa menjadi pemicu flu dan batuk lebih parah serta mendorong tumbuhnya debu dan jamur, alergen yang dapat mengakibatkan penyakit Anda semakin parah dan lama sembuh. Kelembapak udara di Indonesia, untungnya cukupstabil. Anda bisa mematikan dulu sementara pendingin atau pelembap ruangan, dan hiruplah udara dari suhu ruangan yang normal.

Alasan #4 Mengidap Gangguan Kesehatan Lain

Flu dan Batuk bisa memicu gangguan kesehatan lain seperti asma dan alergi. Jika Anda memang memiliki masalah kesehatan bawaan seperti ini, maka hati-hati, flu dan batuk yang tidak tertangani dengan baik  dapat memicu munculnya gangguan kesehatan lain yang Anda miliki. Oleha karena itu sangat penting untuk memangani flu dan batuk sedini mungkin agar tidak menjadi parah dan memicu gangguan kesehatan lainnya.

Jika ingin flu dan batuk sembuh dengan cepat, segera minum obat flu dan batuk dan jika disertai batuk berdahak, Anda bisa minum obat dengan kombinasi paracetamol, phenylephrine, guaifenesin dan bromhexine yang bekerja sebagai analgesik-antipiretik (pereda nyeri dan penurun panas), dekongestan (pelega hidung),  mukolitik (pengencer dahak), dan ekspektoran (pengeluaran dahak). Efektif mengeluarkan dahak dan mengatasi rasa gatal di tenggorokan.

Sedangkan jika Anda menderita flu disertai batuk tidak berdahak, pilih obat dengan formula paracetamol, phenylephrine, dextromethorphan, bekerja sinergis untuk meredakan gejala flu seperti demam, hidung tersumbat dan bersin-bersin sekaligus mengatasi batuk tidak berdahak, kering dan terasa serak di tenggorokan.

Sumber: www.webmd.com