dr. Johan Sp.FK

Lahir di Pangkalpinang, 23 Juni 1985, dr. Johan Sp.FK menjalani studi kedokteran di Universitas Kristen Krida Wacana, Jakarta. Setelah lulus tahun 2009, dr. Johan melanjutkan pendidikan dokternya dan mengambil spesialis Farmakologi Klinik di Universitas Indonesia. Saat ini, dr. Johan aktif sebagai staf pengajar Departemen Farmakologi Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara, Jakarta.

bodrexMENJAWAB

18 October 2019 Q.
Sakit, kepala, mual-mual dan perih diperut

Hallo dok, belakangan ini saya suka pusinh, sakit kepala dan nafsu makan kurang. Lagi pengin makan sesuatu tapi pas makanannya ada tiba-tiba nafsu makan hilang dan perut perih padahal 30 menit sebelumnya sudah makan. Saya juga haidnya telat hampir 1 bulan dan perut bagian bawah kadang-kadang nyeri

by Sopia
A.

Halo, Ibu Sopia! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex. Dari keluhan yang ibu ceritakan mungkin bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti dyspepsia (sakit maag). Dyspepsia sering memberikan keluhan seperti: mual, muntah, rasa kembung atau begah di perut, nyeri perut terutama di bagian ulu hati dan perut kiri atas dan nafsu makan berkurang. Tetapi karena adanya gangguan menstruasi yang ibu alami juga terdapat kemungkinan akibat dari gangguan hormonal ataupun kehamilan. Oleh karena banyaknya kemungkinan penyebab dari keluhan yang ibu Sopia rasakan, maka sebaiknya dapat diperiksakan ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Demikian penjelasan yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.