dr. Johan Sp.FK

Lahir di Pangkalpinang, 23 Juni 1985, dr. Johan Sp.FK menjalani studi kedokteran di Universitas Kristen Krida Wacana, Jakarta. Setelah lulus tahun 2009, dr. Johan melanjutkan pendidikan dokternya dan mengambil spesialis Farmakologi Klinik di Universitas Indonesia. Saat ini, dr. Johan aktif sebagai staf pengajar Departemen Farmakologi Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara, Jakarta.

bodrexMENJAWAB

30 July 2019 Q.
Sakit kepala sebelah

Hai dok saya mau tanya, saya setiap malam sakit kepala sebelah kiri dan menjalur ke mata sehingga rasa nyeri. Terimakasih

by Riska
A.

Halo, Ibu Riska! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex. Nyeri kepala disertai dengan sakit pada mata yang ibu alami bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti : 1. Glaukoma Keadaan ini terjadi akibat peningkatan tekanan bola mata. Pada penderita galukoma, selain merasakan nyeri pada mata juga disertai dengan penurunan lapang pandang. 2. Tension headache/nyeri kepala tipe tegang Keadaan ini biasanya disebabkan karena faktor pekerjaan seperti kelelahan, posisi duduk yang salah atau posisi duduk statis dalam waktu yang cukup lama. Keluhan yang dirasakan biasanya nyeri kepala seperti diikat, nyeri di daerah leher dan mata. 3. Cluster headache/nyeri kepala cluster Nyeri tipe ini biasanya terjadi secara episodik dan nyeri biasanya dirasakan disekitar belakang mata. 4. Migraine Nyeri kepala sebelah dan biasanya dicetuskan oleh banyak faktor seperti stres, kurang tidur, kelelahan, makanan yang mengandung MSG, minuman alkohol, coklat, menstruasi atau bau yang menyengat. 5. Astenopia/mata lelah Biasanya disebabkan karena paparan sinar komputer yang berlebihan. Karena banyaknya kemungkinan penyebab nyeri kepala yang ibu alami, saya sarankan untuk berkonsultasi ke dokter untuk dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Sehingga pengobatan yang akan diberikan sesuai dengan penyebab keluhan yang ibu rasakan. Meminum obat pereda nyeri seperti paracetamol, melakukan pemijatan/relaksasi dan mengurangi paparan sinar komputer pada mata mungkin dapat mengurangi keluhan yang ibu rasakan. Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.