dr. Johan Sp.FK

Lahir di Pangkalpinang, 23 Juni 1985, dr. Johan Sp.FK menjalani studi kedokteran di Universitas Kristen Krida Wacana, Jakarta. Setelah lulus tahun 2009, dr. Johan melanjutkan pendidikan dokternya dan mengambil spesialis Farmakologi Klinik di Universitas Indonesia. Saat ini, dr. Johan aktif sebagai staf pengajar Departemen Farmakologi Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara, Jakarta.

bodrexMENJAWAB

30 July 2019 Q.
Sakit kepala

Dok kenapa setelah duduk lama terus langsung berdiri kepala tersakiti oyong? Apakah sakit kepala seperti itu bisa mengkonsumsi bodrex?

by Nisa
A.

Halo, Ibu Nisa! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex. Sakit kepala dan pusing kliyengan adalah 2 hal yang berbeda. Sakit kepala lebih mengacu kepada nyeri kepala berdenyut, dan sakit kepala ini dapat dikurangi oleh obat pereda nyeri seperti paracetamol/paracetamol+caffein atau ibuprofen. Pusing kliyengan bisa disebabkan oleh banyak hal seperti hipotensi ortostatik (turunnya tekanan darah akibat perubahan posisi), anemia, hipoglikemia (penurunan kadar gula darah), dll. Pusing Klinyengan ini kurang efektif diobati dengan obat paracetamol/paracetamol+caffein. Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.