dr. Johan Sp.FK

Lahir di Pangkalpinang, 23 Juni 1985, dr. Johan Sp.FK menjalani studi kedokteran di Universitas Kristen Krida Wacana, Jakarta. Setelah lulus tahun 2009, dr. Johan melanjutkan pendidikan dokternya dan mengambil spesialis Farmakologi Klinik di Universitas Indonesia. Saat ini, dr. Johan aktif sebagai staf pengajar Departemen Farmakologi Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara, Jakarta.

bodrexMENJAWAB

01 April 2019 Q.
amankah bodrex sakit kepala untuk ibu hamil muda

Dok, biasanya saat hamil muda ibu mengalami pusing2 dan sakit kepala. apakah ibu hamil muda boleh mengkonsumsi bodrex sakit kepala?

by yahya
A.

Halo Ibu Yahya!Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex. bodrex mempunyai komposis berupa : Paracetamol 600 mg + Caffein 50 mg pada setiap tabletnya. Paracetamol aman untuk dikonsumsi pada masa kehamilan, tetapi untuk caffein sampai saat ini masih menjadi kontroversi untuk keamanannya pada ibu hamil. Hal ini disebabkan karena belum ada rekomendasi mengenai batas dosis aman caffein untuk ibu hamil. Caffein selain terkandung dalam obat-obatan, juga terkandung dalam makanan dan minuman seperti: kopi, teh, coklat dan minuman soft drink yang berkafein. Caffein dalam jumlah yang besar dapat menyebabkan peningkatan aktifitas dan irama jantung pada janin/fetus. Oleh karena itu, selama masa kehamilan sebaiknya mengonsumsi Paracetamol saja, serta perhatikan juga jumlah makanan dan minuman berkafein yang dikonsumsi setiap hari. Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.