dr. Johan Sp.FK

Lahir di Pangkalpinang, 23 Juni 1985, dr. Johan Sp.FK menjalani studi kedokteran di Universitas Kristen Krida Wacana, Jakarta. Setelah lulus tahun 2009, dr. Johan melanjutkan pendidikan dokternya dan mengambil spesialis Farmakologi Klinik di Universitas Indonesia. Saat ini, dr. Johan aktif sebagai staf pengajar Departemen Farmakologi Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara, Jakarta.

bodrexMENJAWAB

28 March 2019 Q.
Kenapa setelah minum obat bodrex dada terasa pans dan sesak ?

Maaf sebelumnya saya mengalami kepala terasa pusing . Tetapi setelah minum obat bodrex dada saya terasa sesak dan panas kenapa yah dok .? Padahal di minum sesudah makan .

by Putra
A.

Halo, Bapak Putra! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex. Dalam setiap tablet bodrex mengandung 50 mg caffein. Kandungan 50 mg caffein ini setara dengan kandungan caffein dalam 1 cangkir teh. Kafein selain terdapat dalam teh, juga terkandung di dalam kopi, coklat dan minuman bersoda/minuman berenergi. Tetapi karena setiap orang mempunyai batas toleransi terhadap kafein ini berbeda-beda, maka tidak semua orang mengalami efek samping yang mungkin ditimbulkan oleh kafein. Sama halnya seperti sebagian orang meminum kopi merasakan kenikmatan kopi, tetapi sebagian kecil orang akan merasakan efek samping kafein yang terkandung di dalamnya seperti rasa cemas, berdebar-debar, susah tidur, mual, muntah, dll. Dari keluhan yang Bapak Putra rasakan, kemungkinan Bapak Putra mempunyai batas toleransi terhadap kafein cukup rendah, sehingga saran saya sebaiknya Bapak Putra meminum obat pereda nyeri tanpa mengandung kafein. Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.