dr. Johan Sp.FK

Lahir di Pangkalpinang, 23 Juni 1985, dr. Johan Sp.FK menjalani studi kedokteran di Universitas Kristen Krida Wacana, Jakarta. Setelah lulus tahun 2009, dr. Johan melanjutkan pendidikan dokternya dan mengambil spesialis Farmakologi Klinik di Universitas Indonesia. Saat ini, dr. Johan aktif sebagai staf pengajar Departemen Farmakologi Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara, Jakarta.

bodrexMENJAWAB

18 March 2019 Q.
kenapa tiba-tiba haid saya berhenti setelah minum bodrek?

dok, saya haid tgl 9 maret, di tanggal 10 malam saya sakit kepala, kemudian saya minum bodrek, dan di tanggal 11 ,saat dikantor karna sakit kepala lg ,saya minum bodrek lagi. dan besoknya haid saya berhenti ? itu kenapa ya dok ? , biasanya saya pms laling lama 7 harian, ini baru 2-3 hari tiba2 haid saya berhenti.

by tuti
A.

Halo Ibu Tuti!Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex. Siklus mestruasi yang memendek sering dikenal sebagai hipomenorea. Penyebab dari hipomenorea ini bisa berbagai hal seperti: stres, diet tertentu yang menyebabkan penurunan berat badan yang cukup signifikan, ketidak seimbangan hormon, PCOS (polycystic ovary syndrome), pil KB, dll. Untuk obat bodrex sendiri tidak mempengaruhi siklus menstruasi karena didalamnya selain terdapat paracetamol hanya mengandung 50 mg caffein. Kandungan 50 mg caffein ini setara dengan kandungan caffein dalam 1 cangkir teh. Saran saya, apabila keluhan hipomenorea masih berlanjut pada siklus menstruasi berikutnya, sebaiknya dapat dikonsultasikan ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.