dr. Johan Sp.FK

Lahir di Pangkalpinang, 23 Juni 1985, dr. Johan Sp.FK menjalani studi kedokteran di Universitas Kristen Krida Wacana, Jakarta. Setelah lulus tahun 2009, dr. Johan melanjutkan pendidikan dokternya dan mengambil spesialis Farmakologi Klinik di Universitas Indonesia. Saat ini, dr. Johan aktif sebagai staf pengajar Departemen Farmakologi Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara, Jakarta.

bodrexMENJAWAB

11 December 2018 Q.
Migrain

Halo Dok, apakah sakit/nyeri pundak bisa mempengaruhi dan menyebabkan migrain? Jika iya, apa baiknya saya menyembuhkan sakit pundak dulu ya? Terus kalau iya, bedanya ronsen dengan MRi apa ya Dok? Makasih

by Puspita Tristantari
A.

Halo, Ibu Puspita Tristantari! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex. Migraine/sakit kepala sebelah sampai saat ini belum diketahui secara pasti penyebab dari migraine, tetapi biasanya serangan migraine dicetuskan oleh banyak faktor seperti stres, kurang tidur, kelelahan, makanan yang mengandung MSG, minuman alkohol, coklat, menstruasi atau bau yang menyengat. Sedangkan nyeri pada pundak bisa disebabkan oleh gangguan pada otot, tulang leher/cervikal ataupun pada tendon. Untuk melihat kelainan ini dapat dilakukan beberapa pemeriksaan penunjang, salah satunya foto rontgen ataupun MRI. Foto rontgen dilakukan untuk melihat gangguan pada struktur tulang dan sendi leher sedangkan MRI dilakukan untuk menilai kelainan pada otot, tendon, saraf dan tulang maupun sendi di sekitar leher, sehingga pencitraan dengan menggunakan MRI akan didapatkan gambaran yang lebih detail. Karena Ibu Puspita bingung dengan keluhan yang dirasakan, saran saya sebaiknya dapat dikonsultasikan ke dokter spesialis saraf sehingga dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.