Perubahan cuaca baik saat musim kemarau ke musim hujan maupun sebaliknya selalu identik dengan alasan mengapa seseorang terserang penyakit, salah satunya batuk. Pasalnya, di kondisi seperti inilah kelembapan udara terutama di rumah bisa meningkat drastis dan menjadi waktu serta tempat terbaik bagi virus dan bakteri untuk berkembang biak dengan pesatnya. Hal inilah yang patut Anda waspadai saat harus bekerja dari rumah atau Work from Home (WFH) selama pandemik berlangsung.

Namun ternyata tak hanya perubahan cuaca saja yang bisa memicu berbagai penyakit, beberapa kebiasaan saat WFH ini juga tanpa disadari bisa menjadi penyebab Anda mudah terkena batuk dengan mudahnya. Apa saja, ya?

Tidur Larut Malam

Terkadang, bekerja dari rumah justru membuat Anda menjadi lupa waktu sehingga terpicu untuk menyelesaikan pekerjaan sebanyak mungkin hingga larut malam. Jika hal ini Anda lakukan secara terus-menerus, tentu akan mengganggu waktu istirahat normal dan bisa membuat daya tahan tubuh menurun. Jika sudah begini, risiko terserang batuk bisa menjadi lebih besar. Untuk menghindarinya, usahakan untuk mengaplikasikan jam kerja kantor di rumah, sehingga Anda bisa melakukan aktivitas lain di rumah dan memiliki waktu istirahat yang cukup.

Makan Makanan Pedas dan Berminyak

Menghabiskan hampir sebagian besar waktu di rumah terkadang juga bisa membuat nafsu makan semakin meningkat setiap harinya. Hal inilah yang membuat kita melupakan pola makan yang baik dengan mengonsumsi makanan pedas dan berminyak seperti gorengan sebagai camilan selama bekerja. Tanpa disadari, terlalu banyak mengonsumsi gorengan bisa memicu timbulnya peradangan pada tenggorokan akibat minyak yang digunakan berkali-kali untuk menggoreng.

Kurang Minum Air Putih

Mulut dan tenggorokan adalah jalur terbaik bagi virus dan bakteri untuk masuk ke dalam tubuh. Inilah alasan mengapa kita dianjurkan untuk minum air putih secara rutin setiap harinya (terutama air hangat). Tujuannya adalah untuk mendorong virus dan bakteri yang menempel di tenggorokan ke dalam lambung untuk kemudian dihancurkan dan dikeluarkan melalui kotoran dan keringat.

Ruang Kerja yang Kotor

Kebiasaan saat WFH selanjutnya yang bisa memicu Anda terserang batuk adalah malas membersihkan ruang kerja. Pasalnya, virus dan bakteri juga bisa menempel pada benda-benda di rumah, terutama yang seringkali Anda gunakan dan banyak bersentuhan dengan tangan, seperti meja kerja, laptop, pulpen, dan beberapa benda lainnya. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu membersihkan ruang kerja setelah memakainya. Anda bisa menyemprotnya menggunakan disinfektan sebelum mengelapnya menggunakan kain bersih. Pastikan juga sirkulasi udara berjalan dengan baik agar kelembapan ruangan tetap terjaga, sehingga virus dan bakteri penyebab batuk tidak dapat berkembang biak.

Malas Mengganti Baju

Jangankan untuk mandi, terkadang mengganti baju saat WFH saja akan terasa sangat malas dengan anggapan bahwa kita tidak pergi keluar rumah sehingga tidak ada virus dan bakteri yang menempel. Namun jangan salah, virus dan bakteri ini bisa saja datang dari benda-benda yang ada di rumah dan kemudian menempel di baju dan badan. Oleh karena itu untuk menjaga kesehatan terutama di masa pandemik saat ini, ada baiknya untuk tetap mandi dan mengganti baju secara rutin saat WFH. Dengan begini WFH juga bisa menjadi lebih nyaman dan membuat Anda semakin semangat beraktivitas meski #dirumahaja.

Malas Mencuci Tangan dan Menyentuh Wajah dengan Tangan Kotor

Kebiasaan menyentuh wajah menggunakan tangan rasanya menjadi hal umum dan sering terjadi, terutama setelah beraktivitas, padahal belum tentu tangan dalam kondisi bersih. Hal inilah yang bisa menjadi jalan masuk virus dan bakteri ke dalam tubuh melalui mulut, hidung, dan mata. Untuk mengatasinya, usahakan untuk mencuci tangan menggunakan sabun di bawah air mengalir hingga bersih untuk membunuh virus yang menempel, terutama setelah bekerja di rumah. Meski terkesan sepele, namun kebiasaan baik inilah yang bisa mencegah Anda terserang batuk dan penyakit lainnya.

Tidak ada kata terlambat untuk mencegah timbulnya penyakit seperti batuk dengan menghindari beberapa kebiasaan di atas saat WFH. Lengkapi juga persediaan obat di rumah dengan bodrex Herbal Batuk yang mengandung bahan alami untuk meredakan batuk sekaligus menjaga kondisi tubuh agar tetap fit sepanjang hari berkat kandungan bahan alami empon-empon  seperti kencur, jahe, dan thymi di dalamnya. Mengingat saat ini kita harus menjalani social dan physical distancing, Anda bisa membelinya secara aman melalui E-commerce kesayangan seperti Lazada, blibli, Tokopedia, dan Shopee, sehingga saat batuk melanda bodrex Herbal Batuk bisa menjadi solusinya.

ARTIKELTERKAIT

Tempo Scan Home Delivery, Penuhi Kebutuhan Belanja Produk Tempo Scan Group #diRumahAja
20-May-2020

Tempo Scan Home Delivery, Penuhi Kebutuhan Belanja Produk Tempo Scan Group #diRumahAja

Pandemi COVID-19 telah memaksa kita semua untuk menjaga jarak dan melakukan berbagai aktivitas #dirumahaja. Namun,hal ini tidak berarti membuat Anda .... read more
Praktis, Ini Obat Pereda Sakit Kepala dan Demam Tinggi Saat #dirumahaja
13-May-2020

Praktis, Ini Obat Pereda Sakit Kepala dan Demam Tinggi Saat #dirumahaja

Oleh karena itu, jika sakit kepala mulai melanda akibat stress saat berada di rumah, ini dia solusi untuk meringankan rasa .... read more
Cara Seru Mencegah Penularan Covid-19 dan Mengurangi Rasa Panik saat Pandemi
09-May-2020

Cara Seru Mencegah Penularan Covid-19 dan Mengurangi Rasa Panik saat Pandemi

Namun, ternyata masih ada cara seru mencegah penularan covid-19 dan mengurangi rasa panik yang bisa Anda lakukan meski #dirumahaja, lho. .... read more