Libur lebaran telah usai, aktivitas pun mulai kembali normal. Akan tetapi, rasanya bagai tersambar petir saat asisten rumah tangga memberi kabar tidak kembali lagi untuk bekerja di rumah! Waduh, nggak kebayang deh gimana repotnya menjalani hari. Sebelum kamu menjadi semakin panik dan sakit kepala, tenangkan diri dulu. Kehilangan ART memang merepotkan, tetapi bukan akhir dunia, kok. Beda sakit kepala beda bodrex-nya, Beda ART beda juga masalahnya. Berikut beberapa solusi supaya kamu bisa survive ketika ART-mu nggak balik lagi dari kampung halamannya :

Membagi Tugas
Kalau kamu dan pasangan sama-sama bekerja, cobalah untuk bekerja sama dalam mengurus rumah. Lakukan pembagian tugas seusai dengan kesanggupan yang disepakati. Misalnya istri bertanggung jawab mengurus laundry, dapur, menyiapkan makanan, dan menyapu rumah. Sementara suami mengepel dan mengurus halaman rumah. Kamu juga bisa saling meringankan tugas dengan meletakkan barang-barang sesuai pada tempatnya (contoh: sepatu, pakaian kotor), membuang sampah, dan mencuci piring atau gelas setelah digunakan.

Laundry Kiloan
Mengurus laundry memang cukup merepotkan. Kalau hanya mencuci, mungkin kamu bisa mengandalkan mesin cuci, tetapi jika membayangkan bahwa setelahnya ada segunung cucian yang harus disetrika, rasanya berat juga ya. Solusinya, masukkan saja ke pakaian kotor ke tempat laundry kiloan di sekitar rumahmu. Namun pastikan kamu menghitung jumlah baju dengan teliti saat akan dimasukkan ke tempat laundry dan saat mengambil cucianmu kembali. Pisahkan juga baju-baju penting yang sering digunakan seperti seragam sekolah atau kantor untuk dicuci sendiri di rumah, karena umumnya tempat laundry membutuhkan waktu sekitar 3 hari untuk memproses cucian hingga selesai.

Jasa Pembersih Rumah
Enaknya meski tak punya ART di zaman sekarang, kamu bisa memanfaatkan teknologi untuk mencari jasa pembersih rumah. Beberapa aplikasi menyediakan layanan jasa pembersih rumah yang terpercaya dengan harga relatif terjangkau. Kamu bahkan bisa mengatur jumlah ruangan yang dibersihkan dan tindakan apa saja yang harus dilakukan oleh pembersih rumah tersebut (misal: menyetrika baju, membersihkan kamar mandi). Biayanya akan dihitung per jam. Praktis ya!

Siapkan Peralatan
Ingin mengurus rumah sendiri? Bisa kok. Agar tidak terasa terlalu berat, kamu harus menyiapkan peralatan yang mendukung. Misalnya untu keperluan dapur, kamu harus memiliki beberapa panci dengan ukuran berbeda, alat pengupas kentang, blender, dan peralatan lain yang bisa memudahkan kegiatan memasakmu. Sementara untuk kebersihan rumah, kamu bisa menyiapkan alat pel yang bisa diperas secara otomatis, vacuum cleaner, dan sebagainya. Kamu juga harus memiliki mesin cuci agar lebih mudah saat mencuci pakaian. Mungkin kamu harus mengeluarkan biaya besar untuk melengkapi peralatanmu, tetapi barang-barang tersebut bisa digunakan selama beberapa tahun, jadi kamu tidak perlu merasa rugi.

Daycare Terpercaya
Selain urusan rumah, merawat anak adalah hal yang perlu diperhatikan saat ART yang kamu percayai tidak kembali lagi. Jika ada sanak keluarga yang bisa membantu mengurus anak selama kamu bekerja,tentu saja lebih baik. Namun jika tidak ada, kamu bisa mencari daycare untuk alternatif sementara. Pastikan daycare tersebut memiliki fasilitas yang baik dan tenaga kerja yang profesional. Sementara itu, kamu bisa mencoba menemukan ART baru yang sesuai.

ARTIKELTERKAIT

Tips Mengatasi Sakit Kepala Tegang Mencengkeram Agar Aktivitas Menjadi Kembali Nyaman
25-June-2020

Tips Mengatasi Sakit Kepala Tegang Mencengkeram Agar Aktivitas Menjadi Kembali Nyaman

Mengatasi sakit kepala tegang mencengkeram adalah hal penting yang harus diketahui oleh semua orang, terutama bagi mereka yang memiliki aktivitas .... read more
Sakit Kepala Sebelah Kiri Saat Bangun Tidur, Apa Penyebabnya?
18-June-2020

Sakit Kepala Sebelah Kiri Saat Bangun Tidur, Apa Penyebabnya?

Penyebabnya pun bisa berasal dari beberapa faktor, mulai dari kebiasaan sehari-hari hingga kondisi medis yang lebih serius. Kira-kira apa saja, .... read more
Penyebab Migrain Berkepanjangan, Berbahayakah?
30-June-2020

Penyebab Migrain Berkepanjangan, Berbahayakah?

Untuk keluhan migrain yang sudah parah biasanya juga disertai gejala lain, seperti mual, muntah, sensitif terhadap cahaya serta dan suara, .... read more