Anda mungkin pernah mengalami sakit kepala secara tiba-tiba selama beberapa waktu lalu hilang begitu saja. Kemudian timbul lagi dan berulang hingga beberapa kali dalam sehari? Jika ya, maka mungkin Anda mengalami apa yang dinamakan dengan cluster headache. Meski muncul hanya sebentar-sebentar, namun ‘siklus’ ini cukup menyakitkan bagi penderitanya.

Sebenarnya sakit kepala cluster bukanlah sakit kepala yang umum. Menurut Medical News Today, jenis sakit kepala ini kemungkinan hanya mempengaruhi sekitar 1 dari setiap 1.000 orang. Enam dari 10 kasus penderitanya laki-laki dan sebagian besar adalah perokok. Biasanya dimulai setelah usia 20 tahun.

Fakta Sakit Kepala Cluster

  • Sakit kepala cluster biasanya mempengaruhi satu sisi kepala dan area di sekitar mata. Anda mungkin mengalami mata merah dan hidung tersumbat.
  • Dialami oleh sekitar 1 dari 1.000 orang, dan laki-laki lebih mungkin terpengaruh.
  • Selama serangan, atau periode cluster, sakit kepala sering terjadi. Namun saat terjadi jeda, sakit kepala tidak terjadi sama sekali.

Pencegahan

  • Hindari alkohol. mengurangi asupan alkohol dapat meminimalkan serangan sakit kepala.
  • Berhenti merokok. Presentase penderita sakit kepala cluster lebih banyak yang perokok. Bisa jadi jika Anda mengurangi kebiasaan ini, maka potensi munculnya sakit kepala cluster akan berkurang.
  • Mempertahankan pola tidur teratur. Perubahan pola tidur dapat meningkatkan risiko munculnya sakit kepala cluster.
  • Menjaga suhu tubuh tetap stabil. Jika di lingkungan Anda perubahan cuaca sedang cukup ekstrim, usahakanlah untuk menjaga suhu tubuh tetap stabil. Sebab peningkatan suhu tubuh yang terlalu cepat disinyalir dapat menjadi salah satu pemicu sakit kepala cluster.

Bagaimana mengatasinya?

  • Menghirup oksigen 100%: Menghirup oksigen melalui masker sebanyak 7 - 10 liter meringankan gejala sakit kepala cluster.  Hirup sedalam-dalamnya dengan demikian frekuensi sakit kepala akan berangsur berkurang.
  • Minum bodrex. Jangan tunda pemberian obat sakit kepala. bodrex mengandung paracetamol yang berfungsi sebagai analgesik yang mampu meredakan rasa sakit. Dengan minum bodrex sesegera mungkin, sakit kepala akan lebih cepat teratasi.

ARTIKELTERKAIT

Tempo Scan Group (TSG) CSR COVID-19 – BNPB DONATION
03-April-2020

Tempo Scan Group (TSG) CSR COVID-19 – BNPB DONATION

Tempo Scan Group telah merealisasikan penyerahan bantuan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana sejumlah Rp 10 Miliar untuk membantu mengatasi wabah .... read more
Penting Disimak, Ini Dia Gejala dan Pengobatan Flu dan Batuk di Cuaca yang Tidak Menentu
17-March-2020

Penting Disimak, Ini Dia Gejala dan Pengobatan Flu dan Batuk di Cuaca yang Tidak Menentu

Oleh karena itu, simak penjelasan mengenai gejala dan pengobatan flu dan batuk di cuaca yang tidak menentu berikut ini. .... read more
Makanan Pereda Flu dan Batuk, Mana Favorit Anda?
10-March-2020

Makanan Pereda Flu dan Batuk, Mana Favorit Anda?

Oleh karena itu, simak beberapa rekomendasi makanan pereda flu dan batuk yang bisa Anda konsumsi berikut ini. .... read more