Di tahun 2016, Google kembali membuat inovasi baru di dunia aplikasi smartphone. Sebelum merilis Pixel, smartphone kebanggaan Google yang digadang-gadangkan mampu menyaingi performa iPhone 7 plus, Google juga mengeluarkan 3 aplikasi terbaru yang bisa Anda unduh secara gratis. Yaitu Allo, Duo, dan Keep. Selain aplikasi tersebut, ada juga Google Trips yang walaupun sudah cukup lama dirilis, hingga kini masih merangkak dalam segi popularitas. Yuk pelajari fungsi keempatnya, siapa tahu bisa bantu mempermudah hidup Anda :

1. Google Allo
Sudah pernah mencoba aplikasi ini? Setelah Google kalah bidding dengan Facebook untuk membeli Whatsapp, kini Google pun mencoba menciptakan sendiri aplikasi perpesanan yang serupa, Allo. Allo memang didesain agar bisa menyaingi WA, lengkap dengan beberapa fitur tambahan.

Mulai dari ide jitu Google mengintegrasikan Google Assistant ke dalam aplikasi perpesanan, sehingga kita bisa berselancar di internet sambil chatting tanpa harus berpindah ke browser. Kita juga bisa ngobrol dengan Google Assistant, seperti saat menggunakan fitur Siri pada iOS. Selain asisten pribadi, Allo juga punya fitur Smart Reply yang memungkinkan kita membalas pesan dengan pilihan prediksi teks, jadi kita tidak usah repot mengetik lagi, (namun sayangnya fitur ini hanya tersedia dalam Bahasa Inggris). Ada moda Penyamaran alias Incognito yang bisa jaga kerahasiaan chat Anda. Ada fitur Ink yang memungkinkan kita mengedit dan menggambar di atas foto yang akan dikirimkan. Dan beda dengan WA yang “hanya” punya emoticons, Allo hadir dengan berbagai stiker yang ekspresif.

2. Google Duo
Kalau Allo jadi alat berkirim pesan teks, Duo jadi solusi untuk video call. Duo hadir dengan desain yang simpel. Hanya dengan satu tap menyentuh foto kontak dalam Duo, Anda akan langsung terhubung dalam video call yang lancar walaupun sinyal jaringan sedang buruk sekalipun. Kualitas gambarnya bisa mencapai kualitas jernih HD, 720 p. Serta yang paling unik adalah fitur Knock knock yang bisa menayangkan video dari sisi penelepon Anda sembari Duo menderingkan panggilannya. Dengan langsung melihat apa yang terjadi di sisi teman Anda bahkan sebelum mengangkat teleponnya, Anda tidak lagi ketinggalan detik-detik awal sebelum video call diangkat. Anda juga bisa menimbang apakah mau menolak telepon ketika sedang sibuk.

Sayangnya Duo dan Allo terpisah satu sama lain, jadi kita harus pindah aplikasi kalau di saat chatting kita ingin video call. Dalam hal integrasi chatting dan video call ini, Duo dan Allo memang kalah dengan Line, Messenger, atau aplikasi lain yang bisa mengusung dua fitur tersebut dalam satu aplikasi.

3. Google Keep
Lain dengan Allo dan Duo yang ranahnya di perpesanan, aplikasi yang satu ini bisa menambah produktivitas Anda dengan jadi tempat menyimpan notes, daftar kerja (to-do list), reminder, gambar, hingga tautan penting. Aplikasi ini kompatibel dengan segala gawai Anda, sehingga bisa diakses dari mana saja, baik dari di komputer rumah, dari ponsel dan tablet saat bepergian, dari laptop kantor, bahkan sampai saat berolahraga dengan memakai smartwatch.

4. Google Trips
Aplikasi ini bakal berguna untuk Anda yang suka bepergian maupun menjelajah tempat-tempat baru. Google Trips akan menyortir secara otomatis segala reservasi Anda dari Gmail dan menyusunnya jadi jadwal perjalanan yang rapi. Anda pun bisa lebih praktis mengecek data reservasi pesawat, hotel, rental mobil, booking restoran dalam satu aplikasi saja. Trips juga bisa memberi ide untuk itinerary alias rencana bepergian dengan fitur Day Plan dan Things to Do, serta memberi notifikasi tempat wisata terdekat (Nearby Attractions). Untuk Anda yang takut sulit mendapat koneksi internet bisa lebih tenang karena Trips bisa diakses secara offline.

ARTIKELTERKAIT

Hindari Sakit Kepala Belakang dgn 4 Tips Olahraga Ini
18-July-2019

Hindari Sakit Kepala Belakang dgn 4 Tips Olahraga Ini

Hindari Sakit Kepala Belakang dgn 4 Tips Olahraga Ini - Lakukan gerakan yang tepat untuk mengatasi dua masalah tersebut dengan .... read more
5 Hal yang Bisa Memperburuk Sakit Kepala Belakang
24-July-2019

5 Hal yang Bisa Memperburuk Sakit Kepala Belakang

Sebelum Anda melakukan langkah-langkah yang salah yang mengakibatkan sakit kepala mencengkeram tak tertahankan, ada baiknya untuk menghindari 5 hal berikut .... read more
Posisi Tidur yang Tepat untuk Penderita Sakit Kepala Belakang
12-July-2019

Posisi Tidur yang Tepat untuk Penderita Sakit Kepala Belakang

Sama seperti leher dan punggung,bahu juga bisa memberi dampak langsung terhadap munculnya sakit kepala bagian belakang. Oleh karena itu, cobalah .... read more