Waspada! Ini Penyakit yang Bikin Kamu Sering Sakit Kepala Secara Tiba-tiba

Waspada! Ini Penyakit yang Bikin Kamu Sering Sakit Kepala Secara Tiba-tiba

Mengalami sakit kepala secara tiba-tiba tentu bukanlah hal yang menyenangkan. Tak hanya membuat badan terasa tidak nyaman, keluhan yang satu ini juga cukup mengganggu aktivitas sehari-hari. Jika biasanya keluhan ini muncul akibat beberapa hal seperti kurangnya waktu tidur, sering melewatkan waktu makan, aktivitas yang berat, atau stres, ternyata sakit kepala juga bisa menandakan adanya penyakit lain yang wajib Anda waspadai. Apa saja, ya?

Anemia atau Kekurangan Zat Besi

Jika Anda seringkali mengalami sakit kepala tiba-tiba, hal ini bisa saja disebabkan karena Anda mengidap anemia. Dilansir dari situs kesehatan Halodoc.com, jenis anemia yang diakibatkan karena kekurangan zat besi ini menyebabkan sel darah merah (hemoglobin) yang berperan dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh mengalami penurunan. Hal inilah yang akhirnya membuat tubuh kekurangan oksigen, sehingga seseorang seringkali merasa pusing, lemas, bahkan hingga sesak napas.

Gangguan Saraf

Adanya gangguan saraf yang dialami seseorang juga bisa menyebabkan mereka seringkali merasa pusing. Tak hanya itu, gangguan saraf ini juga bisa memicu timbulnya vertigo (sensasi berputar dan kehilangan keseimbangan) karena sistem saraf terganggu dalam menyampaikan sinyal saraf dari mata ke otak dan dilanjutkan ke telinga bagian dalam.

Gigi Berlubang

Alasan lain seseorang sakit kepala secara tiba-tiba juga bisa karena adanya gigi berlubang yang jarang sekali disadari oleh banyak orang. Dalam dunia medis, gigi berlubang merupakan kondisi di mana jaringan keras pada gigi mengalami kerusakan akibat bakteri. Biasanya gigi berlubang ini akan terasa sakit saat mengonsumsi makanan manis, panas, atau dingin dan tak jarang juga menyebabkan seseorang mengalami sakit kepala hebat.

Sakit kepala yang muncul akibat gigi berlubang ini biasanya karena adanya abses atau infeksi gigi, yaitu kondisi yang menunjukkan bahwa lubang pada gigi sudah terlalu dalam dan mengakibatkan peradangan pada gigi dan jaringan di sekitarnya meliputi saraf-saraf di bagian wajah yang akhirnya membuat seseorang mengalami sakit kepala.

Selain dengan rutin memeriksakan kesehatan gigi pada dokter, cara lain yang bisa dilakukan sebagai pertolongan pertama untuk mengatasi sakit kepala secara tiba-tiba terutama akibat aktivitas yang padat, kurang tidur, dan stres adalah dengan minum bodrex Sakit Kepala yang mengandung kombinasi Paracetamol dan Caffeine di dalamnya berperan mengatasi sakit kepala secara cepat dan efektif. Kandungan Paracetamol di dalamnya juga bisa Anda manfaatkan sebagai pereda nyeri akibat sakit gigi, lho. Kemasannya sangat praktis dan kini bisa Anda dapatkan secara online hanya di Tempo Store Official melalui E-commerce kesayangan Anda seperti Shopee, TokopediaBlibli, dan Lazada .

Untuk menghindari beberapa kemungkinan penyakit yang disebabkan sakit kepala secara tiba-tiba di atas, ada baiknya untuk mulai menerapkan pola hidup sehat dengan makan makanan bergizi, istirahat cukup, dan segera mengonsultasikan kesehatan pada dokter saat mengalami keluhan yang cukup berat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Hit Enter to search or Esc to closeNav