Usir Stres Sekarang!

Usir Stres Sekarang!

Kalau stres menyerang, rasanya semua serba salah, mau bekerja tapi sulit berkonsentrasi, sementara jika menunda, masalah bisa bertambah. Ujung-ujungnya stres malah bisa semakin menjadi. Agar hal itu tidak terjadi stres perlu disiasati. Singkirkan stres dengan cara mudah berikut.

1. Pijat Kaki
Raih kakimu tekan mulai dari dasar jari-jari kaki untuk memberi efek ketenangan pada kepala dan pijat bantalan kaki untuk menenangkan bagian dada. Demikian menurut Mara Nicandro reflexiologist , dan Direktur Theurapeutic Massage di Texas, AS, seperti dilansir Health.com

2. Jurnal Terima Kasih
Tuliskan setidaknya tiga hal yang membuatmu tersenyum atau bersyukur setiap harinya. Saat stres melanda coba baca kembali jurnal tersebut. Bersyukur membuat pikiran negatif pergi dan kecemasan pun tidak memiliki alasan untuk tinggal di pikiranmu.

3. Tarik Napas Dalam
Ambil waktu lima menit untuk istirahat dan fokus pada pernapasanmu saja. Duduk tegak dengan mata tertutup dan tangan menempel pada perut. Bernapas pelan lewat hidung dan rasakan napas mulai dari abdomen menjalar ke kepala. Lakukan sebaliknya saat mengembuskan napas lewat mulut. Bernapas dalam dapat menghambat stres dengan memelankan denyut jantung dan menurunkan tekanan darah, demikian menurut psikolog Judith Tutin, PhD seperti dikutip WebMD.com

4. Aroma Lavender
Aroma menenangkan dari tumbuhan ini juga dapat memberi efek relaksasi. Nyalakan lilin aroma terapi dengan aroma lavender atau taruh lavender kering di sekitar meja kerjamu. Atau cobalah wewangian lavender dalam peralatan mandimu, pengharum mobil, dan sebagainya.

5. Bergeraklah
Bergerak adalah langkah awal untuk mengusir stres. Setel musik dan bergeraklah sesukamu. Ini bisa membantu melepaskan endorfin dan meningkatkan mood.

Banyak orang yang memilih menghilangkan stres dengan cara instan seperti merokok, minum-minuman beralkohol, sampai menenggak obat tidur. Cara ini sekilas seperti mengatasi stres, namun sebenarnya tidak sama sekali. Bahkan semakin merusak baik psikis maupun fisik. Jadi lain kali stres menyerang coba teknik relaksasi di atas saja ya. Dan jangan lupa berdamai dengan keadaan bisa sangat membantu menjernihkan pikiranmu. Ada banyak hal yang di luar kendali kita. Sebaiknya fokus pada bagaimana kita bereaksi akan apapun yang terjadi.

Foto: Shutterstock