Sering dianggap sepele, namun ternyata punya dampak buruk yang signifikan bagi kesehatan.  Ya, berhati-hatilah jika Anda sering melakukan 5 kebiasaan buruk di bawah ini. Tanpa Anda sadari, kebiasaan yang sering Anda lakukan menggerogoti kondisi tubuh Anda perlahan-lahan. 

Makan (terlalu) malam
Anda ingin makan mi instan favorit Anda di tengah malam? Apakah Anda yakin hal ini perlu dilakukan? Andai saja, Anda mengonsumsinya beberapa jam sebelum jam tidur Anda, mungkin dampaknya tidak akan terlalu buruk. Sayangnya, seperti juga banyak masyarakat urban lainnya, Anda terbiasa untuk menunda makan malam hingga benar-benar terlambat. Kebiasaan ini akhirnya menjadi awal mula dari semua komplikasi penyakit. Dampaknya bermacam-macam, mulai dari mengorok, gangguan tidur sleep anea, sinus, suara serak, asma, hingga bronhitis. Sebaiknya, hentikan kegiatan makan Anda selambat-lambatnya pukul 20.00.

Penggunaan smartphone berlebihan
Bukan berita baru lagi jika penggunaan smartphone yang berlebihan dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Namun yang utama, tentu saja merusak kesehatan mata. Selain itu, pola tidur dan postur tubuh juga bisa terganggu. Sebabnya, blue light yang terpancar dari LCD smartphone (atau layar perangkat elektronik Anda yang lainnya), akan membuat mata menjadi kering, sakit kepala, juga nyeri pada bagian leher dan bahu. Untu meminimalisasi dampak buruk ini, para ahli menganjurkan untuk mematikan smartphone setidaknya satu jam sebelum tidur untuk mengurangi dampak buruk dari blue light.

Memakai headphones dalam waktu panjang
Anda mungkin terbiasa beraktivitas sambil mendengarkan playlist favorit di telinga Anda dengan menggunakan headphones. Tanpa sadar, Anda jadi lupa waktu. Anda mendengarkan musik saat di perjalanan, bekerja, atau bahkan berolahraga. Namun, jika Anda memakai headphones terus menerus selama beberapa jam tanpa jeda, maka sudah saatnya Anda memeriksakan kesehatan telinga Anda. Pemakaian headphones sendiri sebenarnya tidak masalah, namun seberapa keras volume suara dan seberapa lama Anda menggunakannya bisa menyebabkan masalah. Jadi jangan abaikan jika Anda mulai merasakan penurunan fungsi pendengaran walaupun hanya sedikit.

Melewatkan sarapan
Sarapan adalah makanan terpenting dalam satu hari. Jika menu sarapan Anda setiap hari adalah secangkir kopi dan roti panggang, maka jangan kaget jika Anda mengalami gangguan kesehatan di masa depan. Makanlah makanan yang sehat dengan gizi seimbang sebagai menu sarapan Anda. Jangan lupakan asupan protein di pagi hari. Jika tidak, sersiaplah mengalami gangguan pencernaan atau bahkan—nafsu makan yang lebih besar. Tak heran orang yang kerap melewatkan sarapan justru mengalami kenaikan berat badan.

Mengabaikan kesehatan gigi
Masih banyak orang yang belum sadar betul pentingnya menjaga kesehatan gigi lewat pemeriksaan gigi rutin 6 bulan sekali. Padahal, gigi yang tidak terawat dan rusak adalah awal dari berbagai penyakit. Penyakit gusi misalnya, dapat berpengaruh pada oran dewasa yang berusia di atas 30 tahun dan memiliki masalah kesehatan seperti diabetes, serangan jantung, stroke, dan kelahiran prematur, dan masih banyak lagi. Sementara dampak langsungnya adalah gigi Anda bisa menjadi bolong hingga menyebabkan sakit kepala. Jadi, jangan lagi abaikan kebersihan gigi sebelum Anda tidur dan juga pemeriksaan ke dokter gigi setiap enam bulan sekali.

ARTIKELTERKAIT

Kurangi Konsumsi Makanan ini Jika Anda Sering Sakit Kepala
26-October-2019

Kurangi Konsumsi Makanan ini Jika Anda Sering Sakit Kepala

faktanya ada beberapa jenis makanan yang dapat memicu bahkan memperburuk sakit kepala Anda. Itu sebabnya Anda perlu menghindari atau membatasi .... read more
Sering Sakit Kepala? Ganti Sarapan Anda dengan 4 Menu Ini
25-October-2019

Sering Sakit Kepala? Ganti Sarapan Anda dengan 4 Menu Ini

Berikut ini adalah rekomendasi menu sarapan yang sehat sekaligus aman dikonsumsi oleh para penderita sakit kepala. Apa saja ya? .... read more
Penyebab Sering Sakit Kepala Pada Anak Muda
24-October-2019

Penyebab Sering Sakit Kepala Pada Anak Muda

tiga faktor penyebab sakit kepala pada anak muda adalah kurang tidur, kurang berolahraga, dan terlalu lama screen time dengan .... read more